Pantai Base G, Markas Sekutu Jepang Pada Perang Dunia ke 2 di Papua

Pantai Base G, Markas Sekutu Jepang Pada Perang Dunia ke 2 di Papua

Panorama Pantai Base G, Papua-Akun Instagram @iwanvanwilan-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin kamu mengira bahwa Papua tidak memiliki destinasi wisata menarik selain Raja Ampat. Kamu salah besar, karena potensi wisata alam wilayah timur Indonesia ini sangat lah melimpah.

Hanya saja memang belum banyak diekspose karena minimnya teknologi. Namun, seiring berjalannya waktu dan teknologi yang semakin berkembang pesat baru lah banyak bermunculan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.


Keindahan Pantai Base G -Akun Instagram @indonesia.life.id-

Terdapat satu pantai yang banyak diekspose oleh berbagai flatform media sosial adalah Pantau Base G. Penamaan pantai ini cukup unik, karena destinasi wisata yang satu ini merupakan pantai bersejarah yang ada di Papua.

BACA JUGA:Berkunjung ke Air Terjun Mandin Damar, Surga Tersembunyi di Kalimantan Selatan

Nah, Bagaimana kalau kita telusuri lebih dalam mengenai Pantai Base G, yuk simak ulasan berikut.

Pantai ini terletak di Timur Jayapura, Papua, berjarak 10 km dari Kota Jayapura atau sekitar 20 menit hingga 30 menit dengan kendaraan bermotor. Pemandangan alam di pantai yang dekat dengan kota ini sangat indah, bahkan menyimpan nilai sejarah.

Tahukah kamu, pemberian nama Pantai Base G bukan tanpa alasan.  Pada masa Perang Dunia ke-2 , pesisir pantai ini digunakan sebagai markas pasukan sekutu. Keunikan huruf G pada nama pantai ini menandakan abjad urutkan ke-7 yang berarti pantai ini adalah homebase ke-7. Menarik sekali bukan?


Pengunjung Pantai Base G -Akun Instagram @achanooo-

Nah, pada masa ini pantai ini menjadi titik menghimpun kekuatan pasukan Sekutu yang dipimpin Jenderal McArthur sebelum menggempur pasukan Jepang di Filipina, begitu ceritanya.

BACA JUGA:Keindahan Pantai Kuta Bali yang Sudah Populer Sejak Tahun 1970

Saat kamu berkunjung ke pantai kamu akan disuguhkan hamparan pasir putih keemasan serta air laut berwarna biru yang memantulkan langit yang cerah. Selain itu kawasan pesisir banyak ditumbuhi pepohonan rindang, seperti pohon keben.

Pohon keben sendiri merupakan tumbuhan pohon dengan kayu lunak dan dapat tumbuh 4 meter sampai 16 meter. Perairan di Pantai Base G memiliki pemandangan laut yang indah dengan ombak sedang, sehingga kegiatan berenang dan menyelam bisa dilakukan.


Keindahan Pantai Base G -Akun Instagram @michaelaustin712-

Selain itu, kita juga bisa berkeliling pantai dengan perahu sekaligus memancing ikan. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang ramai pengunjung saat hari Minggu, pantai ini justru sepi pada hari tersebut. Sebab mayoritas penduduk sekitar akan beribadah ke gereja pada hari Minggu.

BACA JUGA:5 Spot Cantik di Pulau Nusa Penida Bali

Pantai ini ramai dikunjungi mulai siang hari dan akan semakin ramai pada sore hari. Bahkan pengunjung rela menggelar tikar untuk menikmati panorama alam di Pantai Base G jika bangku dan pondok yang ada telah penuh.

Keunikan pantai ini juga terletak pada aturan yang mewajibkan para wisatawan untuk mengumpulkan sampah dan membuangnya disamping pondok yang dikelola oleh pemiliknya setelah selesai berkunjung. Hal ini bertujuan untuk memberi tanggungjawab menjaga lingkungan pantai agar bersih dan nyaman bagi pengunjung, keren sekali ya !

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Base G para wisatawan akan dikenakan tarif yang bervariasi sesuai jenis kendaraan yang digunakan, yaitu mulai Rp 5.000 sampai Rp 50.000. Sedangkan bagi yang ingin menyewa pondok, tarif yang dibandrol adalah Rp 100.000.

BACA JUGA:Berkunjung ke Pantai Pandawa Menikmati Keindahan Pantai Populer di Badung, Bali

Pantai ini dikelola oleh masyarakat setempat, karena pantai ini dianggap sebagai tanah ulayat atau tanah adat  sehingga warga dan para petinggi adat mengakui bahwa mereka yang pantas mengelola tempat tersebut.

Nah, bagaimana menurutmu menarik sekali bukan, di balik keindahannya Pantai Base G memiliki sejarah singkat mengenai keberadaannya. Pantai ini sangat rekomended untuk kamu kunjungi.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: