Menjaga dan Melestarikan Penyu di Pantai Nipah, Kawasan Ekosistem Esensial Penyu

Menjaga dan Melestarikan Penyu di Pantai Nipah, Kawasan Ekosistem Esensial Penyu

Keindahna Pantai Nipah -Akun Insatagram @dolankemari -

BENGKULUEKSPRESS.COM – Salah satu pantai yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Lombok adalah Pantai Nipah. Berbeda dengan destinasi wisata pantai lain yang ada di Lombok, pantai ini bisa juga kamu jadikan referensi untuk berburu wisata kuliner

Pantai Nipah terletak di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Pantai ini terkenal karena sajian hidangan lautnya ini menyimpan banyak daya tarik, sehingga layak menjadi destinasi yang harus kalian kunjungi.


Hidangan laut khas Pantai Nipah -Akun Insatagram @tcc.nipah-

Ketika menginjakkan kaki di pantai ini kamu akan disambut dengan banyaknya kedai-kedai yang tertata rapi di pinggir jalan. Kedai tersebut rata-rata menjual sajian ikan bakar dan aneka hidangan laut, serta tentunya kuliner-kuliner khas Lombok, seperti pelecing kangkung.

BACA JUGA:Berpetualang di Taman Nasional Wasur, Melihat Kekayaan Keanekaragaman Hayati Tanah Papua

Belum berada di sana saja kamu bisa membayangkan aroma asap bakaran ikan yang membuat kamu cepat-cepat ingin ke sana. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Nipah selalu mampir ke kedai-kedai yang menawarkan hidangan laut yang bervariasi. 


Keindahan Pantai Nipah -Akun Insatagram @lombokhits.nesia-

Selain menawarkan wisata kuliner yang identik dengan hidangan laut. Saat kamu berkunjung ke pantai yang satu ini kamu akan disambut dengan deburan ombak yang tenang, angin yang sepai-sepoi dan pemandangan laut yang menakjubkan. 

Para wisatawan yang berkunjung biasanya menyusuri pantai menggunakan kano. Selain itu, Pantai Nipah memiliki wisata bawah laut yang cantik dengan beragam jenis karang dan ikannya yang bisa dinikmati dengan snorkling dan diving.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Destinasi Wisata Terpopuler di Bengkulu Yang Wajib dikunjungi Saat Libur Panjang dan Tahun Baru

Kamu bisa menikmati keindahan Pantai Nipah dari ketinggian. Kamu hanya perlu berjalan dan naik sedikit di perbukitan yang berada disekitar kawasan pantai. kamu kan terpesona melihat panorama Pantai Nipah yang begitu indah ditambah dengan pemandangan pasirnya yang putih, dan gradasi warna air lautnya akan membuat kamu betah berlama-lama berada di sana. 

Pantai Nipah memiliki keistimewaan karena pantai ini merupakan kawasan konservasi penyu. Kawasan ini dikelola oleh Turtle Conversation Community (TCC), sebuah komunitas yang didirikan oleh para pemuda setempat yang bertujuan menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup penyu-penyu di Dusun Nipah.

Berkat komunitas ini, Dusun Nipah sudah membangun Kawasan Ekosistem Esensial Penyu (KEEP) yang ditetapkan oleh Pemda Lombok Utara sesuai dukungan Bupati Lombok. 

BACA JUGA:Kali Biru, Sungai yang Memiliki Air Berwarna Biru Jernih di Raja Ampat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: