Keindahan Air Terjun Mangku Sakti Ala Grand Canyon di Nusa Tenggara Timur

Keindahan Air Terjun Mangku Sakti Ala Grand Canyon di Nusa Tenggara Timur

Pemandangan Air Terjun Mangku sakti yang sangat memukau -Akun Insatagram @tripcanvas.travel-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bicara mengenai destinasi wisata, Nusa Tengara Barat selalu punya tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Provinsi yang terkenal dengan Sirkuit Mandalikanya ini memiliki beberapa pilihan destinasi wisata air terjun yang menawan. Salah satu air terjun yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah air terjun Mangku Sakti.

Air Terjun Mangku Sakti merupakan destinasi wisata air terjun alami yang berada di Lombok Timur, air terjun ini mempunyai pemandangan alam yang luar biasa layaknya Green Canyon yang berada di Colorado, Amerika Serikat. Bagi kamu yang ingin datang ke Air Terjun Mangku Sakti, air terjun ini  terletak di Desa Sajang, Lombok Timur, daerah Sembalun, (pintu masuk gunung Rinjani). Nusa Tenggara Barat.

Air terjun yang berada di Lombok ini menjadi sangat populer karena menyuguhkan panorama yang begitu memukau. Selain itu, Air terjun ini juga memiliki suasana yang tenang dan juga damai cocok untuk dijadikan pilihan liburanmu bersama keluarga dan teman-teman.

BACA JUGA:Merasakan Suasana Pantai Ala Bali di Sanggar Beach Lampung

Tahukah kamu di balik keindahannya, air terjun yang satu ini memiliki sejarah yang mempengaruhi kepopuleran namanya karena lokasi Air terjun memang terletak di kaki gunung Rinjani yang sangat kental dengan mitos dan sejarah. 

Konon, dikisahkan bahwa dahulu ada seorang pemangku gunung yang bernama Titi Kastura. Beliau merupakan juru kunci kawasan kaki gunung Rinjani atau sering disebut dengan panggilan Mangku Gunung. 


Keindahan Air Terjun Mangku sakti -Akun Insatagram @keluarbentar-

Mangku gunung adalah orang yang dipercayai untuk menjaga suatu kawasan gunung, Titi Kastura memiliki kuda yang bernama Sembrani untuk mendampinginya. Kemudian setelah meninggalnya mangku gunung tersebut muncullah curug yang tepatnya berada di kawasan desa Sajang, Curug yang diapit oleh bebatuan itu tersusun mirip dengan wajah dari mangku Titi Kastura yang kemudian membuat penamaan dari Curug tersebut menjadi Air Terjun Mangku Sakti.

Keistimewaan ai terjun yang satu ini ialah memiliki warna air yang begitu unik dan cantik, yaitu berwarna hijau tosca atau kebiru-biruan karena tercampur dengan sulfur. Selain itu air terjun tersebut mempunyai tinggi kurang lebih mencapai 40 meter dan bisa memungkinkan kamu untuk bermain bersama deburan airnya yang deras. 

BACA JUGA:Keindahan Alam Pulau Lanjungkang, Pantai Paling Indah di Kepulauan Spermonde Sulawesi Selatan

Para wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini biasanya tidak disarankan untuk orang yang tidak bisa berenang, karena di bawah air terdapat kolam besar seluas 15 m dan kedalamannya mencapai 4 meter.

Ada banyak aktivitas yang bisa kmu lakukan saat berada di Air Terjun Mangku Sakti. Di air terjun ini terdapat lokasi melompat bagi yang ingin merasakan melompat dari ketinggian untuk langsung terjun dan berenang di kolam air terjun. 


Keindahan Air Terjun Mangku sakti layaknya Grand Canyon di Amerika serikat -Akun Insatagram @indotravellers.co-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: