Cukup Pakai 1 Jenis Bunga, Bikin Minim Minyak Dan Pori-pori Wajah Rapat

Cukup Pakai 1 Jenis Bunga, Bikin Minim Minyak Dan Pori-pori Wajah Rapat

Pori-pori--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kulit yang berminyak biasanya akan terlihat mengkilap akibat produksi sebum yang berlebihan. Produksi sebum ini sejatinya berperan vital dalam menjaga kelembapan kulit.  

Namun begitu, jumlahnya yang berlebihan akan membuat partikel kotoran eksternal, seperti debu dan polusi, menjadi mudah menempel di kulit. Alhasil, kulit pun menjadi mudah kotor dan kusam.

BACA JUGA:Wajah Tampak Lebih Muda, Pakai Bahan Makanan Ini Bantu Atasi Kerutan Wajah

Tak hanya itu, pori-pori kulit yang berminyak biasanya akan membesar untuk menyesuaikan jumlah minyak yang keluar dari dalam kulit. Hal ini tak jarang memudahkan kotoran dari luar menempel dan terperangkap di rongga pori-pori, yang kemudian dapat berekasi dengan bakteri dan kuman di kulit. 

Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti komedo, jerawat, dan membuat kulit terlihat kasar.

Salah satu cara yang sering digunakan banyak orang dalam mengatasi masalah di atas adalah dengan mengoleskan peel-off mask. 

Masker jenis ini merupakan tipe masker yang mengering dan kemudian harus dilepaskan secara perlahan. Kebanyakan peel-off mask memiliki sifat absorben, sehingga dapat menyerap minyak dan mengangkat kotoran berlebih dari kulit.

BACA JUGA:Butuh Serum Untuk Mencerahkan Wajah Kusam, Beberapa Produk Berikut Bisa Dicoba

Namun begitu, kamu nggak perlu sampai membeli produk peel-off mask segala untuk mengatasi masalah di atas ini. Soalnya, kamu bisa mencoba mengandalkan manfaat yang dikandung oleh bahan alami sebagai solusi alternatif. 

Salah satunya seperti memanfaatkan campuran air mawar dan tepung gram.

Air dari bunga mawar sejatinya mengandung sifat anti-inflamasi, dan antibakteri. Dikutip dari Byrdie, sifat ini membuat bunga mawar tidak hanya memiliki efek dalam menjaga keseimbangan pH kulit, namun juga membantu membersihkan kulit dari kotoran yang menyumbat pori-pori. 

Selain itu, sifat astringen air mawar dapat menyusutkan ukuran pori-pori sehingga membantu mencegah produksi minyak berlebih yang memperbesar rongga pada pori-pori.

BACA JUGA:Resep Cerahkan Wajah Kusam Akibat Matahari, Cukup Pakai Masker Alami Berikut

Di sisi lain, tepung gram sendiri memiliki sifat eksfoliator dan absorben yang dapat menyerap minyak secara alami dan membersihkan kulit secara mendalam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: