Nikmatnya Sate Pokea, Kuliner Khas dari Sulteng yang Memiliki Segudang Manfaat untuk Tubuh

Nikmatnya Sate  Pokea, Kuliner Khas  dari Sulteng yang Memiliki Segudang Manfaat untuk Tubuh

Sate Pokea yang terbuat dari kerang khas Sulawesi Tengggara-Akun Insatgaram 2Arham_kendari -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak tahu sate, hidangan yang sangat populer di Indonesia. 

Memiliki berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak  telah menghasilkan berbagai jenis sate yang memiliki cita rasa yang berbeda-beda.

Biasanya sate terbuat dari bahan daging seperti daging sapi, kambing, domba, kuda, dan ayam. Nah berbeda dengan provinsi lain yang ada di Indonesia, Sulawesi Tenggara memiliki sate yang terbuat dari Kerang. Sate yang satu ini bernama Sate Pokea. Pokea merupakan kosakata bahasa Tolaki yang berarti "kerang." 

Berdasarkan klasifikasi pokea memiliki nama ilmiah yakni Batissa violacea termasuk famili Corbicullidae. Pokea merupakan kerang endemik dan hanya dapat ditemukan di Sulawesi Tenggara. 

BACA JUGA:Mengenal Soto Banjar, Kuliner Hangat Khas Kalimantan Selatan

Ada dua cara mengolah daging kerang pokea agar menjadi sate yang lezat. Cara pembuatannya pun berbeda dari sate kebanyakan. Pokea, yang udah dicuci bersih, harus direbus dalam air hingga seluruh cangkangnya terbuka. 

Lama proses ini tergantung dari berapa banyak kerang digunakan. Setelah proses pertama dilalui, metode pengolahannya terbagi menjadi dua. 

Pertama, langsung ditusuk dan direbus kemudian disiram bumbu kacang. Untuk cara pengolahan yang kedua, bumbu tambahan dan seluruh daging pokea diaduk rata hingga matang hingga air rebusannya berkurang. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Makanan Khas yang Wajib Dicoba Saat ke Sulawesi Selatan

Setelah itu, matikan api. Tapi, air rebusan yang sudah bercampur bumbu tidak dibuang. Sisa rebusan bumbu ini dicampur bersama saus kacang yang jadi pelengkap. 

Daging pokea kemudian ditusuk dan dibakar di atas bara api. Saus kemudian dilumurkan pada seluruh tusukan daging. 

Angkat dan sajikan setelah dirasa benar-benar matang. Sate pokea biasanya menjadi lauk untuk nasi hingga gogos.

Gogos sendiri merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang telah dicampur dengan santan lalu dibungkus daun pisang dan dibakar.

Sate Pokea memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Dibalik tekstur lembut dan empuknya, daging pokea ternyata menyimpan segudang gizi yang dibutuhkan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: