5 Rekomendasi Makanan Khas yang Wajib Dicoba Saat ke Sulawesi Selatan

5 Rekomendasi Makanan Khas yang Wajib Dicoba Saat ke Sulawesi Selatan

Makanan khas Sulawesi selatan -Akun Instagram @ngemil_lucu-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sulawesi Selatan dikenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang menarik. Selain itu, provinsi yang dijuluki sebagai Pintu Gerbang Indonesia Timur ini juga memiliki berbagai kuliner lezat yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sana.

Terdiri dari berbagai wilayah, tak heran jika ada banyak sekali makanan yang bisa kamu jadikan refrensi untuk berwisata kuliner. Beberapa rekomendasi makanan khas Sulawesi Selatan yang memiliki cita rasa yang khas dan juga nikmat, berikut diantaranya: 

1. Es Pisang Ijo (Makasar) 


Es pisang Ijo khas Makasar -Akun Instagram @101resepjajanan-

Siapa yang tidak doyan dengan panganan yang satu ini. Es Pisang Hijau merupakan salah satu jajanan tradisional yang mengenyangkan karena menggunakan pisang sebagai bahannya.

Es Pisang Hijau merupakan makanan khas daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. 

Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan. 

BACA JUGA:Nikmati Kelezatan Mie Bancir Khas Kota Banjar Kalimantan Selatan

Di Makassar, Pisang ijo akan sering ditemui ketika bulan ramadhan tiba, sebab menu pisang Ijo merupakan salah satu menu buka puasa favorit warga Makassar. Tapi jika ingin memakan semangkuk Es Pisang Hijau, kita tidak perlu jauh-jauh ke Makassar karena di beberapa tempat sudah ada yang menjual makanan tersebut. 

Hampir seluruh daerah di Indonesia menjual Es Pisang Ijo, tapi karena setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Terkadang Es Pisang Ijo akan dimodifikasi agar lebih diterima oleh penduduk setempat.

2. Nasu Palekko (Pinrang) 


Nasu palekko khas Pinrang -Akun Instagram @yulia_takarmo-

Nasu Palekko merupakan salah satu kuliner yang cukup terkenal di kalangan suku bugis, makanan ini berasal dari kabupaten pinrang dan Kabupaten Sidrap di sulawesi selatan. Nasu palekko terbuat dari ayam atau bebek yang dicincang kecil dan memiliki cita rasa yang khas yaitu rasa yang pedas, asam dan gurih. 

Bagaimana tidak, kuliner ini dibuat dengan rempah-rempah yang hampir lengkap atau sempurna. Adapun rempah-rempahnya yaitu, jahe, kunyit, sereh, lengkuas (digeprek). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: