Indahnya Pesona Pantai Kesirat Dari Tebing Karang Gunung Kidul Yogyakarta

Indahnya Pesona Pantai Kesirat Dari Tebing Karang Gunung Kidul Yogyakarta

Keindahan panorama Pantai Kesirat yang sangat memukau -Akun Instagram @jogjaviral -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gunung Kidul merupakan wilayah yang berada di daerah dataran tinggi, dikenal dengan destinasi wisata yang memiliki pemandangan berlatar bukit dan pegunungan yang mempesona.

Tetapi jangan salah, ternyata Gunung Kidul juga memiliki destinasi wisata yang berada di daerah pesisir. Daerah ini juga menyuguhkan pantai-pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Salah satu pantai yang banyak diminati para wisatawan adalah Pantai Kesirat

Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang berada di atas tebing. Panorama yang ditawarkan pantai ini juga berbeda dengan pantai lain, karena langsung mengarah ke laut lepas.

Pantai Kesirat terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tak ada pasir putih atau pemandangan buih ombak yang menepi di pantai ini, hanya suara deburan ombak yang menghantam tebing karang. 

BACA JUGA:Nikmati Keragaman Wisata Alam di Kepulauan Karimunjawa di Jepara

Meskipun tidak seperti pantai pada umumnya, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang tak biasa. Perpaduan langit biru, rumput yang hijau, dan sebuah pohon yang unik menjadi ciri khas dari pantai ini. 

Pantai Kesirat memiliki sebuah pohon yang diberi nama pohon abadi. Pohon abadi merupakan sebuah pohon tunggal yang tumbuh di tepi tebing, terlihat mencolok dan menarik perhatian. 


Pemandangan sunset di Pantai Kesirat -Akun Instagram @jogjajateng -

Pohon ini di beri nama pohon abadi karena dari seluruh hamparan tanah berumput yang cukup luas,  pohon tersebut hanya ada satu satunya dan tumbuh di tepi tebing karang Pantai Kesirat. 

Layaknya surga tersembunyi di Gunung Kidul, Pantai Kesirat belum banyak diketahui para wisatawan. Hanya ada beberapa orang yang berkunjung dan biasanya mereka mendirikan tenda untuk bermalam.

BACA JUGA:Nikmati Keindahan Candi Cetho di Lereng Gunung Lawu Jawa Tengah

Selain itu, letak garis Pantai Kesirat langsung jatuh ke laut lepas. Pantai ini memiliki jenis ikan yang beragam, hal inilah yang  menyebabkan pantai ini populer di kalangan penggemar rock fishing.  

Pantai Kesirat juga merupakan tempat yang disakralkan oleh penduduk setempat. Setiap tahun masyarakat setempat melaksanakan ngalap berkah atau brubuh-brubuh di Pantai Kesirat. 

Tradisi ini berawal dari kearifan lokal masyarakat Jawa yang berupaya menjaga lingkungan dengan tidak menebang pohon sembarangan. Tradisi brubuh-brubuh juga dilakukan sebagai ucapan rasa syukur yang tersirat dalam bentuk menjaga keseimbangan alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: