Nikmati Keragaman Wisata Alam di Kepulauan Karimunjawa di Jepara

Nikmati Keragaman Wisata Alam di Kepulauan Karimunjawa di Jepara

Taman Nasional yang ada di Karimunjawa-Akun Instagram @mas_dian97-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dikenal dengan "pusatnya budaya jawa", menjadikan Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi yang menjadi tujuan para wisatawan.

Jawa Tengah memiliki berbagai destinasi wisata yang menakjubkan, salah satunya destinasi wisata bahari

Destinasi wisata bahari yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Kepulauan Karimunjawa. Kepulauan Karimunjawa merupakan wilayah kepulauan di Utara Pulau Jawa.

Kepulauan Karimunjawa  terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa dikenal sebagai “Indonesia Mini” karena penduduknya yang beragam, terdiri atas berbagai suku seperti suku Jawa, Bugis, Madura, Buton, Bajo, dan Mandar. 

BACA JUGA:Taman Nasional Betung Kerihun, Habitat Flora dan Fauna Endemik Terbesar di Kalimantan

Oleh karena itu, tidak salah jika Karimunjawa dikatakan sebagai pulau kecil yang memiliki multikulturalisme yang kental. 

Kepulauan Karimunjawa memiliki 27 pulau, 22 diantaranya  termasuk dalam Taman Nasional Karimunjawa. Sebagian besar penduduk di Karimunjawa adalah pendatang yang  mencari penghidupan dan menetap di pulau tersebut, sehingga Pulau Karimunjawa tidak memiliki suku asli.

Salah satu daya Tarik Kepulauan Karimunjawa adalah memiliki potensi yang luar biasa dalam pariwisata terlebih didukung dengan adanya Taman Nasional Karimunjawa. Kawasan Taman Nasional Karimunjawa memiliki keistimewaan yang berpotensi meningkatkan daya tarik untuk wisatawan luar. 


Pemandangan Karimunjawa cocok untuk spot foto -Akun Instagram @bellamommssy-

Kepulauan Karimunjawa memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi terutama di lingkungan terumbu karang, mangrove dan lamun. Kepulauan ini mempunyai keindahan alam dengan kondisi hutan yang masih asli dan asri. 

Pasir pantai yang putih, rindangnya pohon dewandaru,  habitat bagi burung elang, kerang merah, dan penyu menjadi ciri khas Karimunjawa.

BACA JUGA:Sering Tanpa Disadari, Kebiasaan Berikut Bisa Membuat Wajah Terlihat Cepat Menua

Selain itu, kepulauan ini memiliki potensi  wisata lingkungan dan rekreasi yang ditujukan untuk skala nasional dan internasional. Terdapat macam-macam kegiatan pariwisata di Karimunjawa, yaitu snorkeling, diving, tracking mangrove, tracking bukit, dan wisata religi. 

Tempat  yang biasa wisatawan gunakan untuk kegiatan snorkling ada di Pulau Cemara Besar. Snorkling di Pulau Cemara Besar merupakan pengalaman yang tak terlupakan karenakan terumbu karang di wilayah tersebut sangat indah dan luas, ikannya pun juga cukup banyak dan beragam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: