Tips Perbaiki Kipas Angin dengan Mudah Tanpa Harus ke Tukang Service, Gampang Banget

Tips Perbaiki Kipas Angin dengan Mudah Tanpa Harus ke Tukang Service, Gampang Banget

Kipas angin-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemilik kipas angin, bersiaplah untuk menyambut kabar baik!. Beberapa tips sederhana bisa membantu Anda memperbaiki kipas angin tanpa harus repot-repot ke tukang service. 

Kipas angin merupakan salah satu perangkat elektronik yang penting di dalam rumah. Fungsi kipas angin adalah untuk membuat udara di dalam ruangan menjadi dingin, khususnya di hari yang panas.

Ketika cuaca panas, kipas angin salah satu yang paling utama dibutuhkan, namun ketika berhadapan dengan kipas angin yang  tiba-tiba baling-baling kipas tidak berputar,  padahal tombol sudah 'on', dan kipas tetap saja tidak berputar, tentu hal itu sangat menyebalkan.

Untuk hal tersebut kalian tak perlu khawatir, ikuti cara ini dulu sebelum kamu membawa kipas anginmu ke tukang servis. Berikut adalah langkah-langkah yang sangat mudah dilakukan:

BACA JUGA:Berikut Tanda Baterai Smartphone Kalian Perlu Diganti, Pengguna Harus Waspada

1. Bersihkan Kotoran

Kipas angin yang berdebu dapat menyebabkan suara berisik dan kinerja yang tidak optimal. Gunakan kuas halus atau penyedot debu untuk membersihkan bilah kipas dan bagian-bagian lainnya.

2. Periksa Kabel dan Saklar

Pastikan kabel dan saklar dalam kondisi baik. Kadang-kadang, kipas bisa mati atau tidak berfungsi dengan baik karena masalah sederhana pada kabel atau saklar yang lepas.

3. Olesi Pelumas Ringan

Jika kipas terdengar berdecit atau tidak berputar lancar, tambahkan pelumas ringan pada poros kipas. Ini bisa membantu meningkatkan kinerja dan mengurangi gesekan.

4. Periksa Baut dan Sekrup

Pastikan semua baut dan sekrup terpasang dengan baik. Kipas yang kendur dapat menghasilkan suara tidak nyaman. Sebelumnya, pastikan untuk mematikan aliran listrik.

BACA JUGA:Pilih Laptop Prosesor AMD atau Intel? Simak perbedaan keduanyabiar gak salah pilih!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: