5 Wisata Kuliner Bercita Rasa Unik dan Terenak yang Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung ke Bali

5 Wisata Kuliner Bercita Rasa Unik  dan Terenak yang Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung ke Bali

Makanan khas Bali-Akun Instagram @warunggukingpakmade-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain dikenal dengan destinasi wisata yang indah, Bali ternyata juga memiliki daya tarik lainnya seperti kuliner maupun jajanan khas yang tidak boleh kamu lewati ketika berkunjung ke Pulau Dewata.

Nah, jika kamu berencana berkunjung ke Bali,  5 kuliner tradisional ini menjadi rekomendasi untuk kamu coba dan jangan sampai terlewatkan. 

1. Ayam Betutu


Ayam betutu khas Bali-Akun Instagram @luis_widiarto-

Betutu merupakan hidangan khas Bali berupa ayam atau bebek yang dikukus ataupun dipanggang dengan tambahan rempah-rempah yang kaya akan citarasa khas Betutu. Hidangan pedas dan penuh rempah ini sangat populer di Bali dan Lombok. Campuran rempah-rempah Betutu terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, jahe liar, lengkuas, kemiri, cabai, terasi, dan kacang. Semuanya ditumbuk halus dengan menggunakan ulekan. Bumbu halus tersebut kemudian ditumis dan dioleskan pada ayam atau bebek yang akan dimasak. Bumbu Betutu beserta cara memasaknya dapat berbeda-beda berdasarkan wilayah yang ada di Bali.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Makanan Khas Manado yang Paling Diminati Para Wisatawan

Ada beberapa tempat yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mencicipi cita rasa ayam betutu ini diantaranya. Kedai Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Ayam Betutu Mek Rati, Ayam Betutu Pak Man, Ayam Betutu Bu Rai, Ayam Betutu Warung Nasi Pecel Bu Tinuk,Ayam Betutu Bu Oki,  dan Ayam Betutu Pak Sanur 

2. Lawar Sayuran


Lawar Sayuran yang terbuat dari sayur sayuran dicampur menggunakan parutan kelapa.-Akun Instagram @rumahtanggaofficial-

Lawar merupakan sajian khas Bali yg biasanya terdiri dari campuran daging atau ayam cincang dan sayur, yg dimasak dengan bumbu base genep (bumbu dasar masakan Bali). Tradisi ngelawar (membuat lawar) sudah jadi turun temurun di kalangan masyarakat Bali. Makanan ini sudah terkenal di seluruh Indonesia.  Saat ini lawar tidak hanya dihidangkan saat upacara saja, tapi lawar bisa dijumpai di berbagai pasar dan warung makan di Bali.  

Lawar di Bali ada yang dibuat dari daging babi. Tapi lawar sayuran halal karena dibuat dari sayur-sayuran seperti kacang panjang, parutan kelapa, dan bumbu-bumbu khas Bali. Namun pastikan lawar yang dipilih adalah lawar putih menggunakan santan.

3. Sate Lilit 


Sate lilit yang dipadupadankan dengan sambal matah khas Bali-Akun Instagram @yulia_tokarmo-

Sate Lilit merupakan variasi sate dalam khazanah kuliner Bali. Sate Lilit dibuat dari daging babi cincang, ikan, ayam, dan sapi yang kemudian dicampur dengan kelapa parut, santan kental, perasan lemon, bawang merah, dan lada. Daging cincang yang telah dibumbui kemudian dililit pada bambu, tebu, ataupun sereh (serai), kemudian dipanggang diatas arang. Istilah ‘lilit’ berarti ‘membungkus’, yang sesuai dengan metode pembuatannya yang melilit daging daripada menusuknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: