5 Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah yang Patut Dicoba Pendaki Pemula

5 Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah yang Patut Dicoba Pendaki Pemula

Mendaki gunung merupakan pengalaman yang tak terlupakan -Akun Instagram @ukiwardoyo-


Gunung Temoloyo -Akun Instagram @ayodolan-

Jika ke Semarang, kamu bisa banget untuk mampir ke Gunung Telomoyo. Salah satu gunung yang ramah untuk didaki oleh pendaki pemula. Tingginya juga tidak seberapa, sekitar 1.894 mdpl.

Daya tarik Gunung Telomoyo adalah samudra awan yang bisa kamu nikmati. Cukup indah bisa menikmati fenomena tersebut di gunung dengan ketinggian di bawah 2.000 meter. Jalur pendakian Gunung Telomoyo juga terbilang tidak terlalu sulit.

Spot terbaik saat mendaki gunung adalah puncaknya, tak terkecuali Gunung Telomoyo yang bisa menikmati lima gunung sekaligus di puncaknya. Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Andong, Gunung Ungaran, dan Gunung Sumbing bisa kamu lihat jelas.

3. Gunung Ungaran, Semarang 


Gunung Ungaran -Akun Instagram @dyan_permana-

Gunung Andong menjadi gunung pertama di Jawa Tengah yang wajib kamu datangi sebagai pendaki pemula. Tingginya hanya 1.762 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sangat cocok untuk pemula karena tingginya yang tidak seberapa.

Selain tak terlalu tinggi, jalur pendakian Gunung Andong juga terbilang sangat mudah. Meski terdapat jalur tanjakan, tetapi jalur tersebut tidak akan menyulitkanmu yang mendaki di gunung tersebut.

Untuk sampai di puncaknya dibutuhkan waktu antara 2-3 jam, tergantung dari kesehatan kamu saat melakukan pendakian. Untuk basecamp-nya berada di Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Magelang.

4. Gunung Prau, Wonosobo 


Gunung Prau -Akun Instagram @imamismadin-

Gunung Prau sedikit lebih tinggi jika dibanding gunung lainnya. Tingginya sendiri sudah lebih dari 2.500 mdpl. Keindahan gunung ini juga sudah berbeda. Pemandangan alam yang ada di sana, suhu, dan suasana jauh lebih terasa lagi.

Gunung yang terletak di Dataran Dieng, Wonosobo, tersebut menjadi primadona bagi sebagian banyak para pendaki. Tak hanya pemula saja, bahkan pendaki yang sudah berpengalaman pun banyak yang sering datang ke Gunung Prau.

Tentu saja, hal tersebut karena keindahan Gunung Prau yang cukup mengesankan sehingga banyak yang terpikat dan ingin datang. Pendaki pemula wajib mendaki ke Gunung Prau.

BACA JUGA:Keren! Masjid An-Noor Ciputat, Masjid Terindah dengan Konsep Minimalis di Tanggerang Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: