5 Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah yang Patut Dicoba Pendaki Pemula

5 Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah yang Patut Dicoba Pendaki Pemula

Mendaki gunung merupakan pengalaman yang tak terlupakan -Akun Instagram @ukiwardoyo-

BENGKULUEKSP[RESS.COM - Saat ini kegiatan mendaki gunung adalah hal yang banyak diminati selain memberikan pengalaman tak terlupakan, para pendaki juga bisa menikmati keindahan alam yang tidak didapatkan di destinasi wisata lain.

Kegiatan mendaki memang menyenangkan, menyatu dengan alam, dan merasakan kesejukan merupakan hal yang tak akan pernah kamu rasakan selain di gunung selalu terasa nikmat. Pemandangan alam sepanjang jalur pendakian yang ciamik mampu membuatmu terpesona.

BACA JUGA:Tak Kalah Dengan Pulau Komodo, Intip Keindahan Panorama Bahari Di Kepulauan Gili, Nusa Tenggara Barat

Meski cukup menyenangkan, pendakian merupakan kegiatan yang penuh resiko. Bahkan, resiko paling parah adalah kematian. Diperlukan persiapan yang matang dan juga pengetahuan yang cukup untuk mampu bertahan.

Bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman yang berbeda kamu bisa coba kegiatan yang satu ini.  Mendaki juga mempunyai segudang manfaat. Aktivitas mendaki bermanfaat dalam memperkuat otot-otot yang berkontribusi pada keseimbangan tubuh. 

Selain itu, mendaki juga memiliki manfaat dalam meningkatkan proprioception, yaitu kesadaran mental terhadap posisi dan gerakan tubuh pada lingkungan sekitar. Jika kamu ingin mendaki ada baiknya untuk mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi. Hal tersebut untuk melatih kesiapanmu jika ingin mendaki ke gunung yang lebih tinggi.

Kamu para pendaki pemula yang berada di Wilayah Jawa Tengah, kamu tidak perlu khawatir karena ada destinasi Gunung yang bisa kamu kunjungi sebagai pengalaman pertama mendaki gunung. Ada lima gunung di Jawa Tengah yang sangat cocok untuk didaki oleh pendaki pemula. Gak terlalu tinggi, tapi punya alam yang gak kalah menawan, berikut diantaranya;

1. Gunung Andong, Magelang 


Gunung Andong -Akun Instagram @infopendaki.id-

Gunung Andong menjadi gunung pertama di Jawa Tengah yang wajib kamu datangi sebagai pendaki pemula. Tingginya hanya 1.762 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sangat cocok untuk pemula karena tingginya yang tidak seberapa.

BACA JUGA:Nikmati keindahan dan Nuansa Alam Menyegarkan di Juma Lau Deli Serdang, Sumut

Selain tak terlalu tinggi, jalur pendakian Gunung Andong juga terbilang sangat mudah. Meski terdapat jalur tanjakan, tetapi jalur tersebut tidak akan menyulitkanmu yang mendaki di gunung tersebut.

Untuk sampai di puncaknya dibutuhkan waktu antara 2-3 jam, tergantung dari kesehatan kamu saat melakukan pendakian. Untuk basecamp-nya berada di Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Magelang.

2. Gunung Telomoyo, Semarang 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: