Renault Triber, Dari Pasar Otomotif India Meluncur Ke Indonesia

Renault Triber, Dari Pasar Otomotif India Meluncur Ke Indonesia

Reanult Triber--

Masih ada ruang kaki 90 mm dan headroom tinggi membuatnya jadi tidak sesempit yang dilihat. Kursinya juga dapat dilipat dengan mode 50:50 makin menambah kepraktisan kabin.

Masuk ke kabin Renault Triber tidak ada yang istimewa, kita disuguhkan dengan perpaduan dual tone hitam dan krem. Panel dashboard begitu terlihat kesan plastik tanpa adanya ornamen pemanis seperti aksen jahitan trim atau bahkan lapisan soft touch. Setirnya juga polos tanpa adanya tombol pengaturan head unit, bahkan tidak memiliki fitur tilt steering.

Setidaknya, fitur hiburan pada Renault Triber tidak mengecewakan. Terdapat head unit 8 inci dengan sistem Apple CarPlay dan Android Auto. Hal yang cukup mengesankan yaitu Triber sudah mendapatkan fitur keyless entry pasif dan MID 3.5 inci.

Pengaturan AC juga cukup lengkap sekalipun masih manual, karena terdapat blower 4 percepatan dan pengatur arah semburan ke 5-arah. Tersedia juga heater atau penghangat kabin yang memanfaatkan selang hawa panas dari radiator mobil ini

Adanya tombol start and stop engine button membuat Anda hanya tinggal menginjak pedal kopling saja untuk versi manual atau pedal rem di transmisi otomatis. Setelah itu, tekan tombol start stop dan mesin akan menyala dan menderu.

Spesifikasi Mesin dan Performa Renault Triber

Renault Triber dibekali mesin 1.0 liter atau tepatnya 999 cc, tapi berbeda dengan milik Kwid. Triber menggunakan sistem VVT ganda yang menjadikan lebih responsif. Adapun mobil ini memakai sistem penggerak roda depan seperti halnya Kwid.

Mesin yang digunakan oleh Triber ini mengadopsi milik Renault Clio dan Dacia Sandero yang dipasarkan di Eropa dan Amerika Selatan. 

Mesin tersebut mampu menghasilkan daya hingga 72 HP dengan torsi puncak mencapai 96 Nm dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan automated manual transmission (AMT) 5-percepatan.

Untuk kaki-kaki dan suspensi memakai McPherson Strut & Torsion Axle Beam. Kombinasi ini membuat bantingan suspensi Renault Triber cukup pas, tidak terlalu keras atau keempukan. Tujuannya, supaya mobil juga tidak limbung saat bermanuver dan dipacu kecepatan tinggi.

BACA JUGA:Motor Baru Honda CB150R Streetster 2024 Resmi Dirilis, Ini Penampakannya

Fitur Keamanan dan Keselamatan Renault Triber

Renault Triber yang merupakan MPV kelas entry level telah memiliki fitur keyless berupa smart acces card. Anda hanya perlu memasukkan 'kunci' berbentuk kartu ini ke kantung saja, dan ketika Anda berjalan mendekati mobil, secara otomatis kunci pintu terbuka, begitu pula sebaliknya. Kita juga tidak perlu memutar kunci kontak dan cukup memencet tombol start stop button untuk menghidupkan mesin mobil.

Untuk fitur keselamatannya juga sudah oke, karena ada empat airbag yang menutupi bagian depan dan samping dari baris pertama. Fitur lainnya yaitu sabuk pengaman tiga titik di semua baris, dengan seatbelt pengemudi dilengkapi dengan pretensioner. Fitur keselamatan aktif yang tersedia hanyalah Anti-lock Braking System (ABS) dan rear parking camera yang terintegrasi di head unit.

Kelebihan dan Kekurangan Renault Triber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: