Renault Triber, Dari Pasar Otomotif India Meluncur Ke Indonesia

Renault Triber, Dari Pasar Otomotif India Meluncur Ke Indonesia

Reanult Triber--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Renault sebagai merek Eropa rupanya juga ingin merasakan sengitnya atmosfer persaingan di segmen low MPV Indonesia. 

Untuk bersaing di segmen mobil sejuta umat, pabrikan asal Prancis merilis Triber yang dibuat di India. Triber bahkan ingin bermain di tiga segmen sekaligus yaitu hatchback, low cost green car (LCGC), dan low multi purpose vehicle (LMPV).

Renault begitu percaya diri menantang hegemoni merek-merek asal Jepang yang sudah mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Awalnya Triber dirancang khusus untuk pasar India, memberikan kabin yang luas serta desain Eropa. 

BACA JUGA:Chery Luncurkan Tiggo 8 Pro Dan Tiggo 7 Pro, Segini Harganya

Maxindo Renault Indonesia sebagai agen pemegang merek Renault di Indonesia mencoba peruntungan di Indonesia sebagai langkah awal untuk memasarkan Triber secara global.

MPV garapan Renault ini juga punya kabin yang unik, karena jok pada baris ke tiga dari Renault Triber tidak hanya bisa dilipat tapi juga dilepas. 

ā°Menurut Davy J Tuilan, COO PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), konfigurasi kursi Renault Triber ini hybrid, maksudnya bisa 5 seater ataupun 7 seater.

Renault pun berusaha menghasilkan mobil yang ‘merakyat’, tanpa harus banyak memangkas fitur dan material yang digunakan pada mobil. Mau tidak mau, Triber sangat sedikit membawa DNA mobil Eropa yang biasa ditampilkan Renault pada lini produknya. Secara segmentasi pun, Renault Triber berada tepat di atas Kwid dan keduanya saling berbagi platform.

BACA JUGA:Pabrikan Kia Miliki 6 Produk Di Indonesia, Berikut Daftar Harganya

Karena didatangkan dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU) dari India, maka Renault Triber tidak masuk dalam kategori segmen Low Cost Green Car (LCGC). Secara spesifikasi, Renault Triber boleh diadu dengan mobil LCGC seperti Daihatsu Sigra atau Toyota Calya yang juga berkapasitas tujuh penumpang.

Segmentasi Pasar Renault Triber

Renault melalui PT Maxindo Renault Indonesia ingin lebih jauh penetrasi ke segmen-segmen populis seperti MPV atau city car dengan merilis Triber di tahun 2019 lalu. Secara segmen, Triber akan berhadapan dengan mobil LCGC 7-penumpang seperti Daihatsu Sigra atau Toyota Calya. Renault berani memasarkan Triber yang impor utuh dari India mepet dengan duet kembar andalan Astra itu.

Renault Triber sekalipun tidak terkesan mewah, tapi sudah memiliki fitur dan kelengkapan yang lebih baik daripada Kwid. Mobil ini diharap dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia untuk memiliki kendaraan yang dapat memberikan kenyamanan kepada satu hingga tujuh orang penumpang.

Konsep mobil keluarga ini juga bisa kita ketahui dari asal namanya yaitu Tribe. Artinya yaitu “Komunitas” dimana sangat menggambarkan karakter masyarakat Indonesia yang memiliki kesamaan dalam kebersamaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: