Pulau Lengkuas, Wisata Bahari dengan Ikon Mercesuar Bangunan Belanda di Pulau Belitung

Pulau Lengkuas, Wisata Bahari dengan Ikon Mercesuar Bangunan Belanda di Pulau Belitung

Pulau Lengkuas merupakan sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. -Sumber : Akun Instagram @ekplorebelitung-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika berkunjung ke Belitung tak lengkap rasanya tidak mengunjungi destinasi wisata bahari yang ada di sana. Salah satunya adalah Pulau Lengkuas.

Bicara mengenai nama Pulau Lengkuas memang terkesan unik, karena nama Lengkuas sendiri merupakan salah satu  pelengkap masakan yang ada di dapur, sehingga mudah diingat. 

Dilansir dari laman wikipedia.org. Pulau Lengkuas  merupakan sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Letaknya di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. 

Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882.

BACA JUGA:Pulau Leebong, Destinasi Wisata Maldives yang Ada di Bangka Belitung

Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.


Pulau Lengkuas merupakan sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. -Sumber : Akun Instagram @ghina.taufiq-

Di Pulau Lengkuas terdapat batu granit, pasir putih dan air laut yang jernih. Pulau kecil yang bisa dikelilingi dalam waktu 20 menit ini, dapat didatangi dengan perahu sewaan dari Tanjung Binga maupun Tanjung Kelayang.

Untuk menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan, pengunjung disarankan untuk membawa persediaan air minum dan membawa pulang kembali sampah yang dihasilkan selama di pulau, untuk dibuang di tempat sampah di daratan Pulau Belitung

Pulau Lengkuas memiliki pemandangan alam yang masih alami dan peinggalan sejarah.Tempat wisata tersebut dapat menjadi tujuan liburan bersama keluarga, terutama saat Anda berada di Kota Tanjung Pandan.

BACA JUGA:Pasca Terbakar, Destinasi Kawasan Konsevasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Menjadi Lebih Cantik

Pulau Lengkuas memiliki hamparan laut yang bening dengan kedalaman laut sekitar dua hingga tiga meter.

Pengunjung dengan mudah dapat melihat karang dan ikan hias yang tengah berenang.

Laut Pulau Lengkuas merupakan perairan dangkal sehingga sesuai untuk penyelam pemula yang ingin menyelam atau belajar scuba diving. Pengunjung dapat naik mercusuar dengan membayar tiket sekitar Rp 5.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: