Miliki Teknologi Layar Anti Intip, Apple Patenkan Terobosannya

Miliki Teknologi Layar Anti Intip, Apple Patenkan Terobosannya

Layar Anti Intip Iphone --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebuah inovasi baru dikeluarkan dan langsung dipatentan oleh pabrikan smartphone Apple. Pihaknya baru saja mematenkan teknologi yang membuat layar iPhone tidak bisa diintip oleh siapapun. 

Hingga saat ini perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan Mac memiliki bidang pandang 170 derajat, sehingga layar bisa diintip oleh orang lain dengan mudah. Sepertinya teknologi ini dikembangkan untuk menangkal pencuri iPhone yang makin canggih.

Untuk menghindari hal ini, Apple mendaftarkan paten untuk teknologi yang memungkinkan layar hanya bisa dilihat pengguna.

BACA JUGA:Sepakat, Apple, Samsung Dan Google Setujui Standar Baru Kunci Pintu Digital

BACA JUGA:Apple Mengalah, Turuti Kemauan Google Adopsi RCS

Paten pertama bernama 'Privacy Films for Curved Displays'. Paten ini memperkenalkan lapisan khusus yang bisa membatasi emisi cahaya ke satu arah.

Artinya, apa yang ditampilkan di layar iPhone hanya bisa dilihat oleh pengguna yang menempatkan iPhone tepat di depannya. Sementara itu, orang di sekitar yang mencoba mengintip mungkin hanya bisa melihat tampilan layar yang blur atau tidak bisa melihat apa-apa.

Paten kedua yang didaftarkan adalah 'Displays with Adjustable Angles of View' yang dirancang untuk layar datar. Paten ini menyebutkan pengguna bisa mengatur sudut pandang layar Mac untuk bertindak sebagai filter agar konten di layar tidak bisa dilihat orang lain.

BACA JUGA:Steve Jobs Sang Pendiri Apple, Begini Rahasia Suksesnya

BACA JUGA:Kompak Perusahaan Besar Tarik Iklan Dari X, Diantaranya Apple dan IBM

Salah satu contoh penerapannya pengguna bisa mengontrol polarisasi layar menggunakan sejumlah kisi-kisi yang bisa disesuaikan. Jadi layar tidak bisa dilihat orang yang berada di samping pengguna di sudut tertentu, dan meningkatkan privasi konten di layar.

Paten ini juga menyebutkan bagaimana elemen kristal cair bisa digunakan untuk membatasi visibilitas warna tertentu ketika layar tidak dilihat secara langsung, seperti dikutip dari MacRumors.

Dua paten ini terungkap setelah Wall Street Journal melaporkan maraknya insiden pencuri mengintip pemilik iPhone saat memasukkan passcode untuk membuka kunci ponsel sebelum mencuri perangkat tersebut.

BACA JUGA:Apple Ternyata Hampir Rilis Smartwatch Untuk Android, Tapi Dibatalkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: