UMKM Bisa Sukses Berkat Pinjol, Cara Bijak Gunakan Jasa Pinjol

UMKM Bisa Sukses Berkat Pinjol, Cara Bijak Gunakan Jasa Pinjol

Bakti/BE UMKM : Salah satu pelaku UMKM di Kota Bengkulu yang mengembangkan usaha kuliner dengan dana pinjaman-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Layanan fintech atau financial technology semakin menjamur, yang disertai dengan berbagai fasilitas. 

Di Indonesia, layanan ini biasa disebut dengan pinjaman online. Selain mengusung kemudahan pengajuan pinjaman, hadirnya layanan fintech lending juga memberikan sejumlah benefit bagi nasabahnya di sektor UMKM

Namun sebagai pelaku usaha, terutama usaha skala mikro, kecil dan menengah, Anda harus mampu membedakan pinjaman online atau pinjol yang legal dan diawasi oleh OJK dengan yang ilegal. 

Menggunakan layanan fintech dengan bijak, akan membuka peluang bagi pelaku usaha untuk Meski tidak dapat dipungkiri, dengan adanya bantuan pendanaan dari fintech, para pelaku usaha dapat merasakan dampak positifnya. 

Adik Firdaus adalah salah satu pemilik usaha pangkas rambut bernama Barbershop Gedong yang juga merasakan dampak dari tersedianya layanan peminjaman dana produktif fintech. 

BACA JUGA:Pinjol Legal Jangan Tak Dibayar! Ini Ancamannya

“Saya sudah 16 tahun lebih bekerja di sini. Baru bergabung fintech itu di tahun lalu (2022),” ujar Adik. 

Adik menceritakan kisahnya membangun usaha jasa pangkas rambut, menjalankannya sampai pada masa pandemi dan yang kini telah lalu, namun tetap bisa bertahan.

Dia menyebutkan jika pada masa sebelum pandemi, bisnisnya bisa meraup keuntungan hingga Rp 15 juta setiap bulan. 

Berbeda ketika pandemi menyerang, bisnisnya itu hampir saja bangkrut. Tetapi Adik tidak menyerah begitu saja pada kondisinya, melainkan tetap mengupayakan keberlanjutan bisnis kecilnya itu. 

“Dulunya saya juga banyak coba-coba pakai pinjol, tetapi kok enggak sesuai nih dengan penawarannya dan kebanyakan memberatkan. Akhirnya mulai tahun 2022 kemarin saya pakai Kredito,” sambungnya. 

Dengan jumlah pinjaman mencapai Rp 18 juta, Adik kian bersemangat untuk melanjutkan bisnisnya. Untuk menarik pelanggan datang dan menggunakan jasanya, Adik mengadakan promosi dengan memberikan potongan harga bagi pelanggan. 

BACA JUGA:Baru Rilis! Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2023, Bisa Tarik 40 Ribu Tiap Hari

Berbeda dengan yang dibagikan Adik, bagi Karen Komala, penggunaan dana permodalan sangat membantu dirinya dalam mengembangkan dua bisnis yang dimilikinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: