Demi Starup AI, Google Siap Gelontorkan Jutaan Dollar

Demi Starup AI, Google Siap Gelontorkan Jutaan Dollar

Google dan character.ai-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Seiring perkembangan AI, startup chatbot membutuhkan modal untuk melatih dan mengembangkan modelnya. Google akan menghabiskan jutaan dolarnya untuk investasi di Character.AI.

Investasi ini akan memperdalam hubungan kerja sama antara Google dengan Character.AI. Sebabnya, Character.AI sudah menggunakan pelayanan awan dan unit pemrosesan tensor (TPUs) milik Google untuk melatih model mereka.

Didirikan oleh mantan karyawan Google Noam Shazeer dan Daniel De Freitas, Character.AI membuka kesempatan pengguna untuk berkirim pesan dengan versi maya selebritas seperti Kendall Jenner hingga karakter anime.

Character.AI tidak memungut biaya apapun, hanya saja menawarkan langganan dengan biaya USD 9,99 (Rp 156.950) per bulannya untuk melewati antrian dalam mengakses chatbot tersebut.

BACA JUGA:Terungkap, Ini Versi Android Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Merujuk pada data dari Similarweb, chatbot yang menawarkan beragam suara dan tokoh ini banyak menarik pengguna usia 18 hingga 24 tahun yang berkontribusi pada 60% lalu lintas di web mereka. 

Demografis ini membantu posisi Character.AI di antara chatbot AI lainnya, seperti ChatGPT dan Bard, sebagai penyedia teman AI yang menyenangkan.

Character.AI mengatakan bahwa selama enam bulan setelah peluncurannya, situs web mereka telah menarik 100 juta pengunjung setiap bulannya. 

Character.AI masih dalam pembicaraan untuk meningkatkan pendanaan ekuitas dari investor modal ventura, yang mana akan membantu mereka dengan modal hingga lebih dari USD 5 miliar (Rp 78,6 triliun).

BACA JUGA:Ragu Nomor Kamu Diblokir Pengguna Lain Atau Tidak? Begini Cara Mengetahuinya

Pada bulan maret, mereka berhasil mengumpulkan dana hingga USD 150 juta (Rp 2,4 miliar) yang dipimpin oleh Andreessen Howaritz. Sementara itu, kesepakatan antara Character.AI dengan Google masih dalam proses sehingga kemungkinan perubahan kesepakatan masih bisa terjadi.

 

Google telah berinvestasi di beberapa startup AI, termasuk USD 2 miliar untuk model dari perusahaan Anthropic. Seperti halnya Character.AI, Anthropic menggunakan pelayanan awan dan versi terbaru TPUs milik Google.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: