Minyak di Wajah Bikin Gak PD? Ini Cara Ampuh Menghilangkannya!

Minyak di Wajah Bikin Gak PD? Ini Cara Ampuh Menghilangkannya!

Hindari mencuci muka terlalu sering karena dapat mengiritasi kulit dan menghasilkan lebih banyak minyak. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada dua jenis kulit yang pastinya sudah kamu ketahui, yaitu kering dan berminyak. Kedua jenis kulit tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Namun, untuk jenis berminyak, kita harus pandai-pandai dalam mencoba berbagai cara dalam menghilangkan minyak di wajah.

Sebab, minyak yang berlebih dapat membuat wajah jadi terlihat kusam. Terlepas dari masalah tersebut, nyatanya minyak berperan penting buat kulit dan wajah kita, lho.Dengan adanya minyak ini, kulit tetap bisa lembut dan lembap secara alami. Jadi, permukaan kulit akan tetap halus karena produksi minyak tersebut.

BACA JUGA:Harga Mulai Rp 90Jutaan, Daihatsu Terios Lansiran 2009 Masih Mempesona

Akan tetapi, bila kamu merasa terganggu dengan minyak berlebih, maka bisa menggunakan cara menghilangkan minyak di wajah yang akan kita kupas di artikel ini. Sebelum membahas cara menghilangkan minyak di wajah, sebaiknya kita mempelajari dulu beberapa penyebab yang membuat kulit jadi berminyak.

Pada dasarnya, ada berbagai alasan mengapa kulit bisa berminyak, tetapi cenderung terbagi dalam dua kategori: alasan kesehatan dan faktor lingkungan.

Alasan kesehatan yang dapat menyebabkan kulit berminyak adalah hormon yang berfluktuasi. Sedangkan faktor lingkungan seperti kelembapan juga dapat menjadi penyebabnya. Di samping itu, ada beberapa faktor lain dibalik penyebab kulit berminyak, yaitu:

BACA JUGA:Generasi Terbaru Avanza Dan Veloz Bekas Mulai Tersedia, Segini Harganya

Wanita premenopause selama ovulasi
Iklim lembap atau musim panas
Kondisi kronis yang memengaruhi kadar hormon
Faktor generik yang memiliki pori-pori besar
Stres
Gejala kulit berminyak

Kamu yang memiliki kulit berminyak mungkin kesulitan menemukan jenis riasan yang sesuai agar tidak bercampur dengan sebum. Nah, untuk gejala kulit berminyak sendiri cukup berbeda-beda pada setiap orang.  Namun, ini dia beberapa gejala kulit berminyak yang umumnya dialami orang:

BACA JUGA:Inilah Kiamat Kubro Versi Jayabaya Terjadi Pada 2100

Wajah tampak mengkilap atau berminyak
Pori-pori yang sangat besar atau terlihat jelas pada kulit
Kulit yang terlihat tebal atau kasar
Tumbuhnya jerawat sesekali atau terus-menerus
Pori-pori tersumbat dan komedo

Cara menghilangkan minyak di wajah
Tenang saja, kalau kamu termasuk ke seseorang yang memiliki kulit berminyak, kami memiliki beberapa cara buat menghilangkan minyak di wajah. Yuk, ikuti cara berikut ini.
Cuci muka dua kali sehari
Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan minyak di wajah adalah dengan mencuci muka dua kali sehari.

BACA JUGA:Ini Dia Arti Mimpi Kiamat yang Sering Dianggap Buruk

Gunakan pembersih lembut dengan air setiap pagi dan malam. Hindari mencuci muka terlalu sering karena dapat mengiritasi kulit dan menghasilkan lebih banyak minyak.  Saat mencuci kulit, gunakan gerakan melingkar yang lembut.

Gunakan moisturizer
Meskipun jenis kulit kamu adalah berminyak, bukan berarti tidak bisa menggunakan pelembap wajah. Dengan catatan, pilih pelembap yang lembut dan bebas minyak dengan tabir surya dan gunakan setiap pagi.

Pakai kertas minyak
Gunakan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Saat menggunakan kertas minyak, hindari menggosokkan kertas pada kulit karena dapat menyebarkan minyak. Selain itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan atau benda apa pun. Sebab, tangan kita dapat memindahkan kotoran, minyak, dan bakteri ke wajah yang menyebabkan penumpukan minyak.

BACA JUGA:Modal 40 Juta Bawa Pulang, Berikut Daftar Mobil Bekas Suzuki Karimun

Coba masker jenis tanah liat
Jenis masker tanah liat dapat membantu menyerap kelebihan minyak dari wajah. Agar hasilnya maksimal, gunakan masker ini selama 3 kali setiap minggunya.

Pakai skincare yang mengandung green tea
Pilih produk perawatan wajah yang sudah mengandung teh hijau atau green tea. Sebab, teh hijau pada kulit dapat mengurangi produksi sebum secara signifikan.

Tips mengontrol minyak di wajah
Setelah mengetahui cara menghilangkan minyak di wajah, kamu juga perlu mengontrol produksi sebum dengan melakukan kebiasaan berikut ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: