Terlihat Lebih Muda, Ini Cara Hilangkan Kerutan di Bawah Mata

Terlihat Lebih Muda, Ini Cara Hilangkan Kerutan di Bawah Mata

Di samping itu, paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, hingga konsumsi makanan yang kurang tepat juga bisa menjadi penyebab kerutan di bawah mata. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

3. Melakukan Eksfoliasi Lembut di Area Mata

Eksfoliasi adalah perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati. Namun, mengingat area mata lebih sensitif terhadap paparan zat kimia, pastikan Anda melakukannya dengan lembut dan menggunakan produk yang dirancang khusus untuk area bawah mata. 

BACA JUGA:Tips Alami Menghidrasi Kulit Agar Tetap Sehat dan Elastis

Selain itu, tidak disarankan pula melakukan eksfoliasi fisik dengan menggosok karena justru akan meningkatkan kerutan.

4. Menggunakan Masker Pepaya

Salah satu cara alami menghilangkan kerutan di bawah mata adalah menggunakan masker pepaya. Pasalnya, buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang bersifat antioksidan sehingga dapat membantu menutrisi dan melembapkan kulit.

Anda bisa membuat masker pepaya sendiri dengan menghaluskan 1/4 bagian pepaya, tambahkan sedikit madu, lalu aduk merata hingga menjadi pasta masker kental. Kemudian oleskan pada area bawah mata dan diamkan sampai mengering. Terakhir, bilas hingga bersih dengan air hangat.

5. Mengoleskan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata berikutnya adalah mengoleskan minyak zaitun. Seperti yang telah diketahui, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan tidak perlu diragukan lagi. 

BACA JUGA:Jangan Salah, Berikut Perbedaan Face Wash dan Face Scrub

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan K yang baik untuk kulit. Mengoleskan minyak zaitun di area bawah mata pun dapat membantu menjaga kelembapannya.

6. Mengelola Stres

Perlu diketahui bawah kondisi stres juga cukup berpengaruh terhadap kesehatan kulit, seperti memicu timbulnya jerawat hingga kerutan di bawah mata. Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan hormon stres (kortisol) dalam jumlah banyak di aliran darah.

Meningkatnya hormon kortisol dapat menyebabkan perpecahan sel-sel kulit, tak terkecuali area mata sehingga timbul garis halus atau kerutan. Cobalah mengatasi stres dengan melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan suasana hati, seperti menonton film atau olahraga.

BACA JUGA:Masker Kopi, Berikut Manfaatnya Untuk Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: