Bantu Pemulihan, Berikut Rekomendasi Obat Pilek Alami

Bantu Pemulihan, Berikut Rekomendasi Obat Pilek Alami

Ilustrasi obat pilek alami-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

3. Daun Mint

Cara alami menghilangkan pilek dan hidung tersumbat berikutnya adalah menggunakan daun mint. Pasalnya, ekstrak daun mint memiliki peran yang sama dengan obat dekongestan, yaitu membantu meredakan gejala hidung tersumbat. Selain itu, daun mint juga dapat memberikan sensasi hangat yang bisa melancarkan aliran udara dalam saluran napas.

BACA JUGA:Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo

4. Air Garam

Mencuci hidung dengan air garam juga diketahui sebagai cara menghilangkan pilek secara alami karena dapat membantu mengencerkan lendir yang lengket, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari hidung.

Selain digunakan untuk mencuci hidung, memanfaatkan air garam sebagai obat alami pilek juga bisa dilakukan dengan berkumur. Pasalnya, berkumur air garam dapat mengencerkan lendir yang menempel pada dinding hidung dan tenggorokan, sehingga gejala pilek dapat mereda.

5. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi pilek. Pasalnya, memenuhi asupan vitamin C bisa meringankan gejala pilek dan mempercepat proses penyembuhan dengan meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain jeruk, beberapa makanan yang kaya akan vitamin C lainnya adalah brokoli, stroberi, kentang, dan paprika yang juga dapat digunakan sebagai obat pilek alami.

BACA JUGA:Menderita Vertigo? Hindari Makan Makanan Berikut Ini

6. Ginseng

Cara menyembuhkan pilek secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan ginseng. Obat pilek alami ini diketahui cukup efektif untuk mencegah flu, sekaligus mempercepat proses pemulihan karena kandungan di dalamnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga bisa lebih efektif dalam melawan virus/bakteri penyebab penyakit. Ginseng dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk kering dan dicampurkan ke dalam makanan dan minuman.

7. Jamur

Sebetulnya, mengonsumsi jamur tidak dapat menyembuhkan pilek secara langsung. Namun, perlu diketahui bahwa jamur memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Pasalnya, mencukupi kebutuhan vitamin D harian dapat memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan berbagai penyakit, termasuk pilek. Manfaat jamur sebagai obat pilek alami dapat diperoleh dengan mengolahnya menjadi hidangan tertentu.

8. Eukaliptus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: