Bantu Pemulihan, Berikut Rekomendasi Obat Pilek Alami

Bantu Pemulihan, Berikut Rekomendasi Obat Pilek Alami

Ilustrasi obat pilek alami-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pilek adalah gejala yang sangat umum terjadi, terlebih di saat musim hujan dan pancaroba. 

Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, ada beberapa obat pilek alami yang bisa dicoba untuk membantu mempercepat pemulihan, mulai dari madu hingga eukaliptus. Mari ketahui selengkapnya tentang beberapa rekomendasi obat pilek alami di bawah ini.

Rekomendasi Obat Pilek Alami

Pilek adalah infeksi saluran pernapasan yang biasanya dapat sembuh dengan sendirinya, dalam waktu kurang lebih satu minggu. Namun, agar pemulihannya lebih cepat, akan lebih baik jika penderita mendapatkan perawatan dari dokter.

Selain menggunakan obat-obatan medis, penderita juga bisa memanfaatkan obat pilek alami untuk membantu meringankan gejala pilek, seperti bersin, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, demam, hingga sakit kepala. Berikut adalah beberapa rekomendasi obat pilek alami yang bisa dicoba.

BACA JUGA:Nebulizer untuk Anak, Ini Manfaat dan Cara Penggunaannya

1. Bawang Putih

Salah satu cara alami mengatasi pilek adalah menggunakan bawang putih. Manfaat ini dapat diperoleh dari sifat antibakteri yang berasal dari senyawa allicin di dalam bawang putih, serta vitamin C yang bisa membantu menguatkan sistem imun tubuh dalam melawan penyakit.

Sebenarnya, bawang putih akan lebih baik jika dikonsumsi secara mentah, namun bisa juga dikonsumsi dengan cara ditumis atau dijadikan bahan masakan. Bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan masak sup ayam. Daging ayam dalam sup mengandung zat carnosine yang dapat membantu meredakan gejala pilek.

2. Madu

Madu diketahui memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan antiradang yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi penyebab pilek dan meredakan gejala pilek secara efektif.

BACA JUGA:Jangan Salah, Ini Perbedaan Flu dengan Pilek

Madu dapat digunakan sebagai obat alami pilek dengan cara diminum secara langsung atau dilarutkan dalam minuman hangat. Mengonsumsi segelas air madu tidak hanya bisa meredakan gejala pilek tetapi juga membantu mencegah dehidrasi.

Namun, perlu diingat bahwa madu tidak disarankan untuk mengatasi pilek secara alami pada anak di bawah usia 1 tahun. Pasalnya, madu mengandung bakteri Clostridium botulinum yang dapat memicu penyakit botulisme pada bayi. Selain itu, dapat berpotensi menyebabkan komplikasi yang fatal berupa kematian bayi akibat otot-otot pernapasan yang lemas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: