Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo

Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo

Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi penderita Vertigo, kerap terjadi gangguan yang ditandai oleh sensasi pusing berputar dan biasanya disertai rasa mual dan ketidakseimbangan tubuh. 

Penderita vertigo, saat tidur bisa menjadi tantangan tersendiri, karena sensasi tidak nyaman yang ditimbulkan. Maka dari itu, penting untuk memahami posisi tidur yang tepat untuk penderita vertigo guna membantu mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas tidur.

Pengaruh Vertigo Terhadap Kualitas Tidur

Gejala vertigo, seperti seperti rasa pusing atau sensasi berputar, tidak hanya membuat penderitanya kesulitan untuk berdiri dan duduk, tetapi juga dapat mengganggu saat berbaring hingga menyebabkan penderita kesulitan tidur.

Bahkan, vertigo juga bisa kambuh saat penderitanya sedang tidur sehingga dapat membuatnya terbangun secara tiba-tiba. Kondisi ini sering kali terjadi pada penderita Meniere's disease dan Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV).

BACA JUGA:Begini Cara Memakai Koyo Yang Benar, Jangan Asal Tempel Ya!

Pasalnya, kondisi ketika seseorang terbangun dan mengubah posisi tidur pun dapat memicu kambuhnya BPPV dan masalah telinga bagian dalam. Belum lagi, tidur dalam keadaan miring juga berisiko menyebabkan penumpukan cairan endolimfe pada koklea dan organ vestibular di telinga bagian dalam yang dapat memicu terjadinya meniere’s disease.

Rekomendasi Posisi Tidur untuk Penderita Vertigo

Sebetulnya tidak ada posisi tidur terbaik bagi penderita vertigo. Penderita pun perlu mencoba berbagai posisi tidur untuk mengetahui posisi yang tepat baginya. Hanya saja, seperti yang telah disinggung sebelumnya, penderita tidak disarankan untuk tidur dalam posisi miring karena dapat memperparah gejalanya.

Meski demikian, terdapat beberapa posisi tidur untuk penderita vertigo yang bisa dicoba sebagai upaya menurunkan intensitas vertigo dan meminimalkan gejalanya. Berikut adalah masing-masing penjelasannya :

BACA JUGA:Waspada dan Hati-Hati, Ini Dia Penyebab Sakit Ginjal pada Usia Muda!

1. Tidur Dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Salah satu cara mengatasi pusing karena vertigo bisa dilakukan dengan memosisikan kepala lebih tinggi saat tidur, seperti :

- Menggunakan bantal penyangga kepala yang dirancang untuk membuat posisi kepala setidaknya 45 derajat lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: