Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo

Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo

Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

3. Menghindari Kafein Sebelum Tidur

Selain dikenal dengan manfaatnya dalam menahan rasa kantuk, kandungan asam pada kafein juga dapat mengakibatkan perut mulas yang bisa menyebabkan penderita vertigo terbangun di tengah waktu tidur. Jika penderita vertigo bangun terburu-buru karena rasa cemas akibat perut mulas, maka gejala vertigo bisa semakin memburuk.

4. Mengendalikan Stres

Kondisi stres juga dapat menyebabkan penderita vertigo kesulitan tidur. Untuk mengelola stres dengan baik, penderita bisa melakukan meditasi dan latihan pernapasan. Lakukan latihan pernapasan dengan pola 4-7-8 yang diketahui dapat membantu untuk tidur nyenyak dalam waktu satu menit.

Latihan pola pernapasan 4-7-8 dilakukan dengan menarik napas melalui hidung selama 4 detik, lalu menahan napas selama 7 detik, kemudian membuang napas secara perlahan selama 8 detik.

Teknik pernapasan ini mampu membuat penderita vertigo lebih cepat tidur karena dapat membantu aliran oksigen dalam darah ke otak dan menghasilkan efek relaksasi. Di sisi lain, dengan menerapkan meditasi, penderita bisa mengatasi stres dan kecemasan berlebih. Lakukan dua hal ini secara rutin sebelum tidur.

5. Bangun Secara Perlahan

Meski sudah menerapkan posisi tidur untuk penderita vertigo secara tepat, vertigo bisa kambuh apabila penderita bangun dari posisi tidur secara tiba-tiba. Ketika bangun tidur, penderita sebaiknya tidak langsung berdiri, tetapi bangun dengan posisi miring terlebih dahulu, lalu duduk. Langkah ini akan membantu menurunkan risiko kambuhnya vertigo.

Kemudian, apabila ingin menyalakan alarm di pagi hari, pilihlah nada yang halus dan tidak mengejutkan. Bunyi alarm yang keras dapat mengejutkan dan bisa membuat penderita menyentakkan kepala saat tidur. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko kambuhnya vertigo.

BACA JUGA:Begini Cara dan Manfaat Berkumur Air Garam untuk Radang Tenggorokan

6. Menciptakan Kebiasaan Tidur Yang Baik

Meski vertigo dapat memengaruhi kualitas tidur dan membuat penderitanya kesulitan tidur, penderita tetap diharuskan untuk menciptakan kebiasaan tidur yang baik. Hal ini dikarenakan kurang tidur dapat membuat gejala vertigo semakin parah.

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan kebiasaan tidur yang baik guna meringankan gejala vertigo adalah :

- Pergi tidur di waktu yang sama setiap malam dan bangun di jam yang sama setiap pagi. Pastikan mendapatkan waktu tidur yang cukup, yakni 7–9 jam per hari.

- Menjaga ruangan tidur tetap sejuk dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: