Menderita Vertigo? Hindari Makan Makanan Berikut Ini

Menderita Vertigo? Hindari Makan Makanan Berikut Ini

Menderita Vertigo? Hindari Makan Makanan Berikut Ini-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kondisi yang menyebabkan penderitanya merasa pusing dan berputar biasanya disebabkan oleh Vertigo

Meski secara umum disebabkan oleh adanya gangguan di dalam telinga, nyatanya ada sejumlah makanan penyebab vertigo yang harus diperhatikan oleh penderitanya.

Beberapa jenis makanan tersebut diketahui turut memicu kambuhnya vertigo dan memperburuk gejala. Makanan penyebab vertigo, seperti gorengan dan kafein, dapat memengaruhi ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh yang berdampak pada terganggunya pusat keseimbangan dalam telinga.

Jenis Makanan Penyebab Vertigo yang Harus Dihindari

Vertigo merupakan kondisi yang menyebabkan penderitanya merasa pusing, mual, muntah, hingga kehilangan pendengaran untuk sementara. Vertigo dapat berlangsung selama beberapa jam dan bisa kambuh sewaktu-waktu. Akibatnya, aktivitas sehari-hari pun dapat terganggu.

BACA JUGA:Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo

Untuk menurunkan risiko kambuhnya gangguan kesehatan ini, penderita dapat melakukan beberapa hal, salah satunya yaitu dengan membatasi konsumsi makanan penyebab vertigo seperti di bawah ini :

1. Gorengan

Gorengan termasuk salah satu makanan penyebab vertigo kambuh karena dapat memicu peradangan di dalam tubuh yang turut mengganggu pusat keseimbangan pada telinga.

Selain memicu vertigo, gorengan, terutama yang digoreng dengan minyak jelantah, juga berisiko menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, seperti stroke, penyakit jantung, Alzheimer, hingga gangguan hati dan kanker.

2. Kafein

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein secara berlebihan turut menyebabkan kambuhnya vertigo karena menimbulkan efek samping berupa dehidrasi. Di mana, dehidrasi ini membuat tidak seimbangnya cairan yang ada di dalam tubuh sehingga memicu vertigo kembali muncul. Kandungan kafein tersebut juga turut meningkatkan dengungan di dalam telinga yang dapat memperburuk gejala vertigo.

BACA JUGA:Begini Cara Memakai Koyo Yang Benar, Jangan Asal Tempel Ya!

Selain itu, mengonsumsi kafein berlebih juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lain, seperti diare, jantung berdebar, hingga susah tidur atau insomnia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: