Bantu Pemulihan, Berikut Rekomendasi Obat Pilek Alami

Bantu Pemulihan, Berikut Rekomendasi Obat Pilek Alami

Ilustrasi obat pilek alami-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Daun dan minyak dari tanaman eukaliptus (eucalyptus) merupakan salah satu bahan herbal yang sudah cukup populer sebagai obat-obatan alami, termasuk obat pilek alami. Pasalnya, eukaliptus dapat membantu mencairkan lendir, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari hidung. Dengan begitu, gejala pilek pun akan mereda.

9. Probiotik

Probiotik merupakan kumpulan bakteri baik yang tidak hanya bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan, tetapi juga berguna dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Di samping itu, probiotik juga dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan atas, salah satunya pilek. Probiotik bisa diperoleh dengan mengonsumsi keju, yogurt, atau tempe.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Makanan Bagi Penderita Wasir, Harus Konsumsi Serat!

10. Jahe

Jahe banyak digunakan secara luas sebagai jamu dan digolongkan oleh BPOM ke dalam jenis tanaman obat. Umumnya, jahe digunakan untuk mengobati sakit kepala, mual muntah, influenza, batuk, dan vertigo. Secara farmakologi, jahe memiliki khasiat antiradang. Selain itu, jahe juga memiliki efek antitusif (dapat mengurangi gejala batuk) dan pengencer dahak.

11. Akar manis

Khasiat akar manis sebagai pengobatan batuk berdahak dihasilkan oleh zat aktif yang bernama glycyrrhizin dan glycyrrhetinic. Kedua zat tersebut bekerja sebagai antiradang dan ekspektoran sehingga bermanfaat dalam meredakan keluhan dan mengurangi produksi mukus pada saluran nafas.

12. Kunyit

Kunyit digunakan sebagai jamu tradisional untuk mengobati asma, hipertensi, dan rematik. Khasiatnya berasal dari senyawa curcumin yang bermanfaat sebagai antioksidan dan anti radang. Oleh karena itu, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

13. Peppermint

Peppermint memiliki khasiat sebagai antiseptik. Sensasi dingin dari daun peppermint dapat memberikan efek analgesik sehingga banyak digunakan sebagai pereda nyeri pada sendi dan otot. Peppermint oil banyak digunakan untuk meredakan keluhan flu dan batuk dengan cara dihirup maupun dioleskan pada kulit.

Meskipun ada beberapa pilihan obat pilek alami untuk mengatasi kondisi ini, namun sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter apabila gejala pilek cukup mengganggu dan tak kunjung membaik, terlebih jika disertai dengan gejala-gejala lain. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: