Toyota Hilux Single Cabin, Solusi Kendaraan Angkutan Ringan Serba Bisa

Toyota Hilux Single Cabin, Solusi Kendaraan Angkutan Ringan Serba Bisa

Toyota Hilux Single Cabin, Solusi Kendaraan Angkutan Ringan Serba Bisa -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Mesin GD-series ini sebelumnya telah menjadi andalan pada Toyota Fortuner. Keunggulan mesin ini ialah efisien dalam bahan bakar dan tangguh. Tenaga yang dihasilkan pada varian 4x4 mampu menghasilkan daya sebesar 149,6 PS dengan torsi maksimum 40,8 kgm. Selanjutnya pada varian 4x2, mesin 2GD mampu menghasilkan tenaga maksimal 149,6 PS dengan torsi maksimum 35 kgm.

Sementara itu, varian bensin didukung mesin 1TR-FE, 4 silinder, In Line 16 Valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 139 PS pada 5.600 rpm, dengan torsi maksimalnya mencapai 18.7 kgm pada 4.000 rpm. Sistem pasokan bahan bakarnya menggunakan Fuel Injection. 

Toyota Hilux memang dirancang untuk penggunaan di medan-medan berat, di mana infrastruktur jalanan tak terlalu bagus. Untuk itu, mesin yang digunakan Hilux wajib tangguh dan bertenaga tapi tetap irit.

Untuk konsumsi bahan bakar di dalam kota, Hilux mampu mencatatkan 1 liter untuk 12.5 km. Sementara untuk penggunaan di jalan tol, konsumsi bahan bakarnya berkisar 1 liter untuk 14.5 km. 

Selain itu, agar menjamin pengendalian mantap di segala kondisi, Toyota juga menyematkan sistem power steering yang dipadukan dengan sistem suspensi double wishbone (depan) dan per daun (belakang).

Fitur Keamanan dan Keselamatan Toyota Hilux Single Cabin

Jika dulu persepsi banyak orang mengatakan kalau kendaraan berjenis mobil pick up sangat minim fitur, maka anggapan tersebut kini salah besar. Sekalipun 'hanya' sebatas kendaraan angkutan barang, Hilux single cabin ini punya fitur perlindungan yang jempolan dan terbaik diantara mobil pick up sejenis.

Hilux telah dibekali fitur dual SRS Airbag yang memberikan perlindungan bagi pengemudi dan penumpang dari benturan depan saat kecelakaan. Selain itu, tersedia pula fitur rem ABS dan Real Differential Lock System membantu traksi yang aman saat berkendara di medan licin. 

Fitur keamanan dan keselamatan antara lain: Kantung udara untuk pengemudi dan penumpang, Rem ABS, Sistem pengunci gardan belakang (Differential Lock) dan Knob Switch 4x4 to 4x2.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hilux Single Cabin

Toyota Hilux, Toyota memastikan setiap penggunanya bisa tetap beraktivitas di medan berat, tapi tetap bisa merasakan kenyamanan dan keamanan terbaik. 

Mobil ini bisa menjadi jawaban yang pas jika Anda sedang mencari mobil Pickup dengan kemampuan off road mumpuni. Interiornya termasuk mewah untuk ukuran mobil pick up single cab.

Toyota Hilux masih menjadi mobil favorit di segmen pickup SUV Indonesia Kendati kehadirannya harus mengalami persaingan sengit dari Mitsubishi Strada Triton, dan Isuzu D-Max. 

Nama besar Toyota menjadi jaminan soal kemudahan dalam hal perawatan maupun penggantian suku cadang. Jadi, kita tidak perlu khawatir apabila mengalami masalah pada Hilux ketika berkendara di kota kecil.

Mencari kelemahan Hilux single cabin cukup sulit, sebab mobil ini seperti paket komplit bagi kendaraan niaga di segala medan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: