All New Toyota GR 86, Mobil Terbaik untuk Drifting

All New Toyota GR 86, Mobil Terbaik untuk Drifting

All New Toyota GR 86, Mobil Drifting Mania Penerus AE86-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Dirancang sebagai mobil sport 2+2, Toyota 86 memiliki ekstra jok lipat di belakang untuk membawa barang tambahan. Nuansa kabinnya sangat sporty dan memiliki tiga variasi trim, salah satunya sudah dibekali balutan material kulit Alcantara yang mewah. 

Toyota memang menyasar kultur modifikasi dan dunia motorsport ketika menghadirkan mobil sport populer ini. Bahkan beberapa komponen mobil sifatnya removable alias bisa dilepas dengan mudah, jika pemilik ingin menambahkan parts aftermarket racing seperti roll cage dan lainnya pada mobil.

Untuk fitur kenyamanan dan hiburan, opsi yang ditawarkan Toyota pada Toyota 86 sangat sedikit karena mobil ini memang difokuskan pada fitur performa, handling dan pengendalian mobil. 

Maka dari itu deretan fitur yang mendukung performa mobil dijejali di dalamnya, diantaranya posisi mengemudi yang rendah dengan jok bergata bucket, Tako meter, Shift Light, Toggle Control, Dual Zone Automatic Climate Control, G-Force Support Seating, Pad di bahu dan lutut (bisa dilepas jika mobil dipasang roll cage), Jok belakang.

BACA JUGA:Pamer di JMS 2023, Mitsubishi All-new Triton Akan Hadir di Indonesia Pertengahan 2024

Konsep desain utama dari Toyota FT-86 adalah coupe sporty untuk berkendara sehari-hari. Dengan demikian, interiornya harus membuat pengendara tetap nyaman meskipun berkendara dengan kecepatan tinggi. Kabin FT-86 menggunakan kulit hitam untuk kesan lebih tajam dan personal. 

Untuk fitur infotainment, Toyota FT-86 dilengkapi dengan layar sentuh dengan konektivitas seperti bluetooth, usb dan juga aux-in. Layar sentuh 6,1 inci tersebut mendukung voice control, USB input untuk iPod, USB memory stick, Bluetooth dan Satellite Navigation.

Spesifikasi Mesin dan Performa Toyota FT 86

Toyota juga membekali FT-86 dengan mesin yang gahar. FT-86 didukung mesin berkode 4U-GSE dengan kapasitas 1998 cc. Tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 200 hp. 

Saat di tes, performa Toyota FT-86 terasa ringan dan juga fleksibel untuk manuver tajam. Dengan harga Rp 726 jutaan, Toyota FT-86 bisa jadi opsi hemat bagi kalian yang belum kesampaian menggeber Toyota Supra. Secara konsep keduanya punya karakter sebagai sport coupe namun berbeda dari segi performa.

Toyota 86 mengandalkan mesin boxer yang legendaris dan dikembangkan bersama Subaru. Teknologi balap sudah disematkan seperti misalnya naturally aspirated dan dijejali LSD (Limited Slip Differential). Perpindahan gigi didukung dua opsi transmisi, yaitu manual 6 percepatan dan otomatis.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Toyota FT 86

Statusnya sebagai mobil kelas atas, Toyota Vellfire memiliki fitur keselamatan jempolan dan komplit. Fitur Anti-lock braking system (ABS), brake assist (BA), electronic brake-force distribution (EBD), variable track control system (VCS), hingga 7 airbag tersedia sebagai standar. Rangka body hingga penahan benturan dari sisi samping menjaga keselamatan penumpang dari efek benturan.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota FT 86

Toyota FT 86 memiliki reputasi sebagai mobil drifting dan suksesor dari salah satu mobil paling legendaris yang dilahirkan Toyota. Memiliki desain yang ciamik, handling yang menawan, bobot yang ringan dan pesona mobil khas drifting membuat Toyota FT86 nyaris sempurna. Kekurangannya adalah letupan tenaga yang kurang dibanding mobil sekelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: