Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria, Ini Alasannya

Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria, Ini Alasannya

Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria, Ini Alasannya -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Menopause adalah kondisi ketika seorang wanita sudah tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan. Kondisi ini umumnya terjadi pada wanita yang berusia sekitar 43-57 tahun.

Wanita yang akan dan telah mengalami menopause umumnya mengeluhkan keringat di malam hari, rasa panas di seluruh tubuh, serta mood swing. Kondisi ini menimbulkan insomnia pada wanita akibat rasa tidak nyaman yang terjadi.

4. Stres, Kecemasan Dan Depresi

Menurut penelitian, wanita cenderung lebih rentan terhadap perasaan sedih dan cemas dibandingkan dengan pria. Kondisi ini menyebabkan timbulnya beban pikiran sehingga memicu insomnia pada wanita.

BACA JUGA:Kamu Alami Insomnia?? Lakukan Ini Agar Tidak Berkelanjutan

5. Multitasking

Salah satu keahlian yang dimiliki wanita adalah kemampuannya dalam multitasking. Selain mengurus rumah, wanita juga dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu, seperti mengurus suami, anak, pekerjaan.

Multitasking dapat memungkinkan Anda dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Namun, kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, multitasking juga menjadi penyebab insomnia pada wanita.

6. Konsumsi Kafein

Kopi dan teh dipercaya lebih mudah dicerna oleh tubuh wanita ketimbang pria. Hal ini juga dapat mengganggu hormon fungsi pengatur istirahat (hormon melatonin) sehingga menyebabkan wanita sulit tidur.

Terkadang kopi memang sangat dibutuhkan, apalagi ketika Anda harus tetap terjaga untuk mengerjakan tugas atau ketika sedang dikejar deadline pekerjaan.

Namun, alangkah baiknya untuk mengurangi konsumsi kopi mulai dari sekarang. Dosis yang direkomendasikan bagi wanita untuk mengonsumsi kopi per hari ialah 2-3 cangkir.

Jika menginginkan ‘teman’ ketika sedang begadang, padahal batas konsumsi kafein Anda sudah cukup, Anda bisa mengonsumsi cokelat panas dengan susu kurang lebih 1 jam sebelum tidur.

BACA JUGA:Anda Insomnia? Sembuhkan Dengan Yoga

7. Sindrom Pramenstruasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: