Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria, Ini Alasannya

Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria, Ini Alasannya

Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria, Ini Alasannya -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ketidakmampuan tubuh untuk tidur sesuai periode yang seharusnya, biasa disebut dengan Insomnia. Kondisi ini diketahui lebih sering dialami wanita. Umumnya Insomnia terjadi pada wanita yang berusia antara 30 hingga 60 tahun.

Waktu tidur yang optimal adalah 8 jam. Sementara, wanita yang mengalami kesulitan tidur rata-rata hanya tidur selama 6 jam di malam hari.

National Sleep Foundation (NSF) menyatakan bahwa dua pertiga wanita mengalami masalah tidur setidaknya beberapa malam setiap minggu. Bahkan, sebagian dari mereka merasa kurang segar keesokan harinya.

Cambridge University menambahkan, wanita yang tidak mengalami masalah tidur hanya terdapat sekitar 39,6 persen. Berikut ini, beberapa hal yang bisa menjadi penyebab insomnia pada wanita, antara lain :

BACA JUGA:Atasi Insomnia, Coba Obat Tidur Alami Berikut Ini

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon menjadi faktor yang ikut memengaruhi kondisi insomnia pada wanita. Hormon yang dimaksud adalah estrogen dan progesteron. Keduanya berfluktuasi selama siklus menstruasi pada wanita.

Estrogen bekerja pada beberapa jalur neurotransmiter yang mungkin berdampak pada regulasi tidur. Fluktuasi hormon ini diduga memiliki efek pada ritme sirkadian (jam biologis pada manusia).

2. Kehamilan

Penyebab insomnia pada wanita berikutnya adalah kehamilan. Kondisi ini membawa sejumlah alasan insomnia pada wanita, misalnya ketidaknyamanan fisik dan adanya perubahan hormon.

Selain keluhan sulit tidur, wanita yang sedang hamil juga kerap kali terbangun di malam hari akibat mencari posisi yang nyaman dan keinginan buang air kecil meningkat. Wanita hamil juga kerap kali mengalami kram kaki.

BACA JUGA:Sering Susah Tidur atau Insomnia, Amalkan Doa yang Diajarkan Rasulullah Berikut

Bahkan, setelah melahirkan, bayi yang sudah terlelap pun dapat menyebabkan wanita sulit tidur. Banyak wanita mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak seperti dulu.

3. Menopause

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: