Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria, Ini Alasannya

Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria, Ini Alasannya

Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria, Ini Alasannya -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Sindrom pramenstruasi (PMS) dapat dialami hampir setiap wanita 1-2 minggu sebelum menstruasi. Gejalanya dapat berupa gejala fisik dan emosional. Perubahan mood yang drastis, lebih sensitif, nyeri, dan perut terasa begah adalah beberapa di antaranya.

Selain gejala yang timbul di atas, PMS juga menjadi penyebab insomnia pada wanita. Insomnia disebabkan oleh naik-turunnya kadar hormon estrogen dan progesteron.

8. Menstruasi

Datang bulan bagi sebagian wanita dapat menjadi sebuah gangguan, apalagi saat bekerja, melaksanakan aktivitas sehari-hari, atau bahkan ketika beristirahat. Hal ini disebabkan oleh rasa nyeri yang muncul, atau dikenal dengan dismenore.

Menstruasi menjadi penyebab insomnia pada wanita karena beberapa wanita ada yang memiliki rangsang nyeri yang rendah. Artinya, nyeri sedikit saja akan membuat mereka terganggu, misalnya ketika tidur.

Menstruasi menyebabkan wanita sulit tidur karena takut atau khawatir pembalut akan bocor sehingga mereka menjadi resah sesaat sebelum tidur. Wanita cenderung memikirkan kondisi darah haid yang tercecer atau rembes.

Demikian beberapa penyebab insomnia pada wanita. Jika Anda mengalami gangguan tidur, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan yang tepat. Bagaimanapun, kurang tidur dapat memengaruhi kondisi fisik serta mental Anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: