Inilah Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit, Ampuh Atasi Jerawat!

Inilah Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit, Ampuh Atasi Jerawat!

Sebelum menggunakan produk salicylic acid untuk pertama kalinya, pastikan kulit kamu tidak alergi terhadap kandungan tersebut.--

BACA JUGA:Inilah Essence yang Bagus Bagi Wanita untuk Memuluskan Wajah

Cara Menggunakan Salicylic Acid pada Kulit Wajah
Apakah salicylic acid aman digunakan setiap hari? Kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker mengenai cara pakai dan dosis asam salisilat yang tepat, atau kamu bisa mengikuti petunjuk yang ada pada label kemasan.

Sebelum menggunakan produk salicylic acid untuk pertama kalinya, pastikan kulit kamu tidak alergi terhadap kandungan tersebut. Untuk memastikannya, kamu dapat mengoleskan sedikit produk di bagian leher atau siku dan diamkan selama 24 jam.

Setelah satu hari, jika kulit kamu tidak bereaksi atau menandakan adanya tanda alergi pada produk asam salisilat, kamu sudah dapat langsung mengoleskannya ke jerawat. Untuk pertama kali, oleskan sedikit saja di area kecil yang berjerawat.Jika mengalami reaksi alergi, hentikan penggunaan produk dan segera dapatkan bantuan medis. Ingatlah untuk menghindari area mata, hidung, mulut, selangkangan, atau kulit yang sedang luka saat menggunakan asam salisilat.

BACA JUGA:Cara Beli Tiket Pesawat Dengan Mudah dan Bisa Dicicil, Cobain Shopee Paylater Aja

Jika kamu tidak sengaja area tersebut terpapar asam salisilat, bilas dengan air dingin selama 15 menit. Pastikan kamu telah mencuci tangan dengan bersih sebelum mengoleskan produk asam salisilat ke wajah.
Krim, salep atau obat topikal lainnya yang mengandung asam salisilat biasanya dijual dengan dosis 0,5% hingga 2%. Tanyakan pada dokter atau apoteker untuk memastikan dosis yang tepat untuk kondisi kulit wajah kamu.

Untuk keamanan, kamu dapat menggunakan dosis kecil 0,5% terlebih dahulu. Gunakan sekali sehari, kemudian secara bertahap meningkatkan aplikasinya menjadi 2-3 kali sehari. Jika terjadi kekeringan atau pengelupasan yang berlebihan, kurangi aplikasi menjadi dua hari sekali.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Timun untuk Perawatan Wajah dan Tips DIY Masker

Efek Samping dari Asam Salisilat di Kulit Wajah
Apakah salicylic acid berbahaya? Pertanyaan ini mungkin saja muncul di benak kamu saat ingin menggunakan produk dengan kandungan tersebut. Sejauh ini asam salisilat aman digunakan di kulit wajah, jika diaplikasikan sesuai dengan dosis dan takaran yang dianjurkan.

Namun, sama dengan produk perawatan kulit wajah lainnya, salicylic acid juga dapat menyebabkan efek samping, yang dapat berbeda-beda pada setiap orang. Kemudian ada beberapa kondisi tertentu yang tidak disarankan menggunakan produk perawatan yang mengandung asam salisilat. Beberapa di antaranya seperti orang yang memiliki kondisi penyakit ginjal atau penyakit hati.

Kemudian orang dengan alergi terhadap kandungan asam salisilat. Wanita yang sedang hamil dan menyusui juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk penggunaan oral maupun topikal.

BACA JUGA:Menarik, Sejak 1970 Silam Daihatsu Ternyata Sudah Kembangkan Mobil Listrik

Selain itu, apapun jenis kulit kamu, hindari melapisi asam salisilat dengan produk lain yang mengandung asam tanpa berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu. Mencampurkan produk yang mengandung asam dapat menyebabkan luka bakar, kerusakan atau jaringan parut jika digunakan secara tidak benar. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: