Inilah Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit, Ampuh Atasi Jerawat!

Inilah Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit, Ampuh Atasi Jerawat!

Sebelum menggunakan produk salicylic acid untuk pertama kalinya, pastikan kulit kamu tidak alergi terhadap kandungan tersebut.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat mencari produk untuk mengatasi jerawat, mungkin kamu akan menemukan nama salicylic acid pada urutan pertama. Manfaat salicylic acid untuk mengobati jerawat memang telah lama dipercaya dan digunakan dalam perawatan kulit.

Namun, tidak semua jenis kulit cocok menggunakan perawatan wajah dengan kandungan asam salisilat. Untuk mengetahui jenis kulit dan kondisi apa saja yang tidak disarankan menggunakan produk salicylic acid, baca terus ulasan berikut.

BACA JUGA: Inilah Alasan Melakukan Rutinitas Skincare Malam Hari

Ketika berbicara mengenai kandungan asam dalam produk perawatan kulit, ada dua jenis asam yang terkenal, yakni asam beta hidroksi (BHA) dan asam alfa hidroksi (AHA). Asam salisilat ini masuk dalam jenis asam beta hidroksi.

Salicylic acid adalah bahan dalam produk perawatan kulit yang digunakan untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang. Asam salisilat berasal dari kulit pohon willow. Asam salisilat termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai salisilat.

Selain itu, asam salisilat juga dipercaya memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan berfungsi sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati. Semua manfaat yang diberikan oleh salicylic acid sangat berguna untuk mengatasi keluhan kulit berjerawat. Jadi, penggunaan asam salisilat tergolong aman untuk kulit berjerawat.

BACA JUGA: Tips Jitu Memilih Warna Foundation untuk Kulit Sawo Matang

Salicylic acid topikal atau oles dapat berbentuk krim, salep, gel, atau losion. Biasanya produk dengan kandungan asam salisilat dapat digunakan dalam kombinasi dengan perawatan jerawat lainnya.
Namun, untuk memastikannya, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum menggabungkan produk asam salisilat dengan produk perawatan jerawat lainnya.

Asam salisilat sangat cocok digunakan untuk kamu yang punya jenis kulit berminyak dengan permasalahan seperti jerawat dan komedo. Salicylic acid untuk jerawat bekerja dengan membuka pori-pori yang tersumbat. Cara kerjanya dengan memutuskan ikatan antara sel-sel kulit mati sehingga lebih mudah keluar dari pori-pori, dan memecah minyak, seperti sebum. Asam salisilat juga dapat menurunkan produksi sebum kulit, yang menyebabkan seseorang memiliki risiko lebih rendah untuk terkena jerawat.

BACA JUGA:Cara Aman Menggunakan Retinol, Bahan Ampuh Atasi Penuaan Kulit

Meski lebih dikenal untuk mengobati jerawat, nyatanya ada berbagai fungsi salicylic acid lain untuk kulit. Berikut ini daftar manfaat asam salisilat untuk kulit yang perlu kamu ketahui.

1. Berfungsi Untuk Mengangkat Sel-sel Kulit Mati
Salah satu manfaat salicylic acid untuk kulit adalah dapat mengangkat penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Asam salisilat dapat menembus ke pori-pori paling dalam kulit untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati dan menyumbat pori-pori. Asam salisilat juga membantu menghilangkan kotoran, bakteri, dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit sehingga pori-pori tetap bersih dan bebas dari iritasi kulit.Dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan bakteri di permukaan kulit, produk dengan asam salisilat dapat meregenerasi kulit lebih cepat dan membuat kulit tampak lebih sehat dan segar.

2. Membantu Memerangi Jerawat
Manfaat yang tidak perlu lagi diragukan dalam asam salisilat adalah kemampuannya untuk mengatasi atau mengobati kulit berjerawat. Fungsi asam salisilat ini yang membuat banyak produk perawatan kulit menggunakannya untuk mengobati jerawat.

Berdasarkan American Academy of Dermatology (AAD) produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat paling baik untuk mengobati jenis jerawat tertentu, termasuk: Pustula, jerawat yang memiliki tampilan putih kemerahan berisi nanah.Papula, jenis jerawat yang berbentuk seperti benjolan kecil dan keras yang mungkin terasa kasar atau bertekstur pada kulit. Komedo, ini merupakan benjolan kecil dengan permukaan hitam. Komedo terbentuk akibat adanya penyumbatan di dalam folikel rambut di wajah. Whiteheads atau komedo putih terbentuk karena folikel yang tersumbat.Selain itu, asam salisilat juga bersifat lipofilik, yang berarti dapat menembus ke dalam kulit berminyak dan pori-pori tersumbat untuk mengurangi jerawat parah.

BACA JUGA:Jaksa Agung Lantik Rina Virawati Jadi Kepala Kejati Bengkulu

2. Mengurangi Kelebihan Minyak di Wajah
Kulit berminyak adalah salah satu penyebab kulit berjerawat. Minyak atau sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan mencegah siklus pengelupasan kulit atau regenerasi kulit secara alami terjadi.  Selain itu, minyak berlebih pada permukaan kulit dapat menjebak bakteri dan iritan yang dapat memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, asam salisilat ini cocok untuk jadi bahan aktif skincare untuk kulit berminyak.

3. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan
Manfaat salicylic acid lainnya adalah dapat mencegah tanda-tanda penuaan dan buat kamu jadi awet muda. Fungsi asam salisilat dalam meminimalkan munculnya pori-pori dan merawat kulit dari minyak berlebih dapat membuat kulit tampak lebih muda dan halus.Selain itu, asam salisilat juga dapat membantu mencegah terjadi hiperpigmentasi pada kulit. Asam salisilat dapat berguna dalam membantu meratakan warna kulit dan mengurangi perubahan warna karena sifat astringennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: