Epilepsi Kejang Tiba-tiba, Lakukan Pertolongan Pertama Berikut Ini

Epilepsi Kejang Tiba-tiba, Lakukan Pertolongan Pertama Berikut Ini

Epilepsi kejang tiba-tiba, lakukan pertolongan pertama berikut ini-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

3. Carbamazepine.

4. Lamotrigine, dan lain-lain.

Pasien yang sedang hamil, merencanakan kehamilan, memiliki riwayat penyakit ginjal dan hati, memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan tertentu, dan sebagainya wajib memberitahukan kondisi-kondisi tersebut pada dokter. 

3. Tindakan Operasi

Apabila obat-obatan tidak efektif untuk meredakan kejang epilepsi, dokter dapat menindaklanjutinya dengan prosedur operasi, seperti :

- Deep brain stimulation (DBS), yaitu tindakan medis yang dilakukan dengan memasang alat khusus (elektroda) di otak untuk menyeimbangkan aktivitas listrik di dalam otak.

- Tindakan pembedahan untuk mengangkat bagian otak yang menyebabkan kejang. Namun, sebelum melakukan tindakan pembedahan ini, perlu dipastikan bahwa pengangkatan bagian otak tersebut tidak akan mengganggu fungsi vital, seperti fungsi penglihatan, pendengaran, atau kemampuan berbicara atau berkomunikasi.

Itulah sejumlah prosedur pertolongan pertama epilepsi yang dapat dilakukan. Untuk penanganan lebih lanjut, segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter terdekat guna memperoleh tindakan medis yang tepat dan sesuai kondisi tubuh. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: