Epilepsi Kejang Tiba-tiba, Lakukan Pertolongan Pertama Berikut Ini

Epilepsi Kejang Tiba-tiba, Lakukan Pertolongan Pertama Berikut Ini

Epilepsi kejang tiba-tiba, lakukan pertolongan pertama berikut ini-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Epilepsi adalah gangguan sistem saraf pusat akibat adanya aktivitas listrik berlebihan pada otak. 

Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami kejang pada seluruh atau sebagian tubuh secara berulang dan tiba-tiba. 

Apabila kejang terjadi secara tiba-tiba, terdapat prosedur pertolongan pertama epilepsi yang penting untuk dilakukan. Apa saja itu? 

Pertolongan Pertama Epilepsi yang Perlu Dilakukan

Epilepsi adalah kondisi medis yang dapat menimbulkan kejang berulang pada seluruh atau sebagian tubuh. 

BACA JUGA:Mitos Epilepsi Menular, Benarkah? Begini Penjelasannya

Bahkan, kejang epilepsi dapat muncul secara mendadak tanpa ada pemicu yang jelas. 

Kejang epilepsi perlu ditangani dengan tepat dan segera agar terhindar dari kondisi yang dapat membahayakan penderitanya, seperti cedera akibat terjatuh, kecelakaan, tenggelam, atau bahkan kematian mendadak.

Untuk menghindari kondisi tersebut, terdapat prosedur pertolongan pertama saat epilepsi kambuh yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Memindahkan Penderita Epilepsi ke Tempat yang Aman

Apabila menemukan penderita epilepsi yang mengalami kejang pada tempat berbahaya, seperti di tengah jalan raya, usahakan untuk tetap tenang dan segera pindahkan tubuhnya ke tempat yang aman secara perlahan.

Perhatikan pula benda-benda yang berada di sekitar penderita epilepsi, segera singkirkan benda tajam yang berbahaya atau berpotensi melukai penderita epilepsi untuk menghindari risiko cedera serius. 

BACA JUGA:Wajib Dipahami, Mitos dan Fakta Epilepsi yang Sebaiknya Diketahui

Selain itu, minta orang-orang di sekitar untuk menjauh agar penderita epilepsi memiliki ruang untuk bernapas yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: