Ini Dia Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Ini Dia Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak

perawatan kulit berminyak harus disesuaikan menjadi perawatan kulit berminyak dan berjerawat, termasuk dalam memilih sunscreen--

Walaupun kulit sedang berjerawat, tapi rutinitas perawatan kulit pada pagi dan malam hari tidak dapat dihentikan dengan alasan khawatir dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Tentu saja, Anda harus melakukan perawatan dengan tepat sesuai dengan jenis kulit berminyak yang dalam kondisi sedang berjerawat. 

BACA JUGA:Benarkah Roh Orang yang Sudah Meninggal Bisa Dipanggil? Berikut Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Pada pagi hari, lakukan rutinitas perawatan wajah mendasar berupa membersihkan, melembabkan, dan melindungi. Jika ingin lebih advance, Anda dapat menambahkan serum antioksidan yang membantu ikut membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Jangan lupa, Anda harus menyesuaikan facial wash, serum, day cream, dan sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. 

Begitu pula pada malam hari, sesuai perawatan kulit wajah dengan penggunaan produk-produk skincare yang ditujukan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selipkan penggunaan obat jerawat di kulit yang sudah dibersihkan tapi sebelum dilembabkan. Jika Anda ingin menggunakan serum, maka aplikasikan obat jerawat setelah Anda mengaplikasikan serum. Untuk perawatan kulit pada malam hari, Anda bisa menambahkan perawatan berkala yaitu eksfoliasi yang bisa dilakukan dua kali seminggu untuk kulit berminyak dan berjerawat. 

BACA JUGA:Agar Terhindar dari Gangguan Sihir, Jin, hingga Pelet, Buya Yahya: Amalkan ini Sebelum Tidur

Benarkah Kulit Berjerawat Tak Boleh Menggunakan Sunscreen?

Ada satu mitos yang muncul di masyarakat yang kebenarannya sangat meragukan, yaitu larangan menggunakan sunscreen saat kulit wajah sedang berjerawat. Tidak jelas mengapa mitos ini muncul, tapi kemungkinannya disebabkan oleh kekhawatiran bahkan formula sunscreen dapat memperparah kondisi jerawat dengan mengiritasi dan/atau menyumbat pori-pori.

Mitos ini mendapat banyak bantahan dari para dokter kulit yang tetap menyarankan agar pemilik kulit berminyak yang sedang berjerawat untuk menggunakan sunscreen. Alasannya adalah karena paparan sinar UV dari matahari dapat memperparah kondisi jerawat dan membuat kerusakan jaringan kulit yang lebih besar. Anda disarankan untuk memilih produk sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat agar aman saat produk dioleskan di permukaan jerawat.

BACA JUGA:Singkirkan Barang-barang ini dari Rumah, Ustadz Khalid Basalamah: Bisa Mengundang Sihir

Satu hal yang disarankan para dokter kulit adalah memilih sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bersifat non-comedogenic atau bahan-bahan yang terkandung di dalam produk tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, ada baiknya Anda memilih sunscreen terbaik untuk kulit berjerawat yang tidak mengandung minyak (oil-free) dan aman untuk kulit yang sensitif. Anda juga sebaiknya menghindari menggunakan sunscreen khusus untuk kulit tubuh di kulit wajah, karena formulanya lebih kental, berat, dan berminyak sehingga bukan merupakan sunscreen yang cocok untuk kulit berjerawat.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: