Ini Dia Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Ini Dia Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak

perawatan kulit berminyak harus disesuaikan menjadi perawatan kulit berminyak dan berjerawat, termasuk dalam memilih sunscreen--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat memiliki kulit wajah yang berminyak, tak hanya pori-pori besar dan kulit yang mudah mengkilap akibat minyak berlebih, tapi juga kulit menjadi rentan memiliki jerawat. Walau tak eksklusif hanya terdapat di kulit wajah yang berminyak, tapi jerawat memang paling potensial muncul di jenis kulit berminyak. Saat muncul jerawat, perawatan kulit berminyak harus disesuaikan menjadi perawatan kulit berminyak dan berjerawat, termasuk dalam memilih sunscreen. Anda bisa mengetahui sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat setelah memahami kondisi kulit tersebut dengan tepat.

BACA JUGA: Begini Cara Memakai Masker Wajah dengan Benar Agar Hasil Maksimal

Dari Kulit Berminyak Menjadi Berjerawat

Kulit wajah disebut memiliki jenis yang berminyak saat kelenjar sebasea yang terdapat di dalam pori-pori kulit aktif memproduksi minyak atau sering juga disebut dengan sebum. Minyak ini tak hanya berfungsi sebagai pelembab alami kulit wajah, tapi juga mendukung fungsi lapisan penghalang kulit (skin barrier) dalam melindungi kulit dari serangan agresor lingkungan, diantaranya kuman, polusi, alergen, asap rokok, dan lainnya.

Sayangnya, pada kulit wajah yang berminyak, jumlah minyak yang berlebih di kulit berpotensi untuk menyumbat pori-pori, bersama dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk, kotoran, sisa produk makeup dan skincare yang bersifat comedogenic, partikel polusi, dan lainnya. Semua ini dapat menyumbat pori-pori dan memunculkan komedo, baik komedo putih (whitehead) maupun komedo hitam (blackhead). 

Komedo sebenarnya sudah merupakan bentuk jerawat, tapi jerawat yang tidak mengalami peradangan. Komedo akan mengalami peradangan saat terpapar oleh bakteri penyebab jerawat. Jerawat yang meradang ada empat jenis, yaitu:

BACA JUGA:Program Kosabangsa UNIB dan UNIVED, Wujudkan Desa Lawang Agung Mandiri

1. Jerawat papula: Berbentuk bengkak kecil berwarna merah.

2. Jerawat pustula: Merupakan jerawat papula tapi terisi nanah, terlihat seperti memiliki “mata” kekuningan di bagian atas jerawat.

3. Jerawat nodul: Jerawat yang muncul di dalam lapisan kulit dan memiliki ukuran besar. Jerawat ini biasanya lunak dan menimbulkan rasa sakit.

4. Jerawat kistik: Merupakan jerawat nodul tapi berisi nanah. Jerawat ini terasa keras saat disentuh dan menimbulkan rasa sakit.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Masker untuk Mencerahkan Wajah

Jerawat papula dan pustula dapat diredakan dengan perawatan kulit wajah berminyak secara rutin ditambah dengan penggunaan obat jerawat. Sedangkan untuk penanganan jerawat nodul dan kistik ada baiknya dilakukan oleh dokter kulit. Jika tidak ditangani dengan benar, kedua jerawat ini dapat meninggalkan luka parut atau bopeng yang sulit untuk dihilangkan. 

Rutinitas Perawatan Kulit Wajah untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: