Rem ABS Pada Mobil, Pelajari Lebih Jauh Fungsi dan Cara Kerjanya

Rem ABS Pada Mobil, Pelajari Lebih Jauh Fungsi dan Cara Kerjanya

Ilustrasi rem abs pada mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagai alat transportasi, mobil perlu memiliki berbagai komponen keselamatan yang dapat memberikan perlindungan bagi para pengendaranya. 

Seperti salah satunya yaitu sistem pengereman ABS yang saat ini sudah banyak digunakan dan terpasang pada mobil keluaran terbaru.

Sistem rem ABS sendiri sangat berfungsi untuk menjaga agar roda mobil tidak terkunci saat melakukan pengereman. Lalu bagaimana pengertian, sejarah, dan juga cara kerja dari sistem ABS mobil? Untuk mengetahuinya simak artikel berikut ini.

Pengertian Rem ABS

Rem ABS atau disebut dengan Anti Lock Braking System yaitu sebuah komponen yang cukup penting bagi kendaraan. Pengertian rem ABS pada mobil yaitu sebuah teknologi yang mengusung inovasi terbaru dalam sistem pengereman yang tersedia pada kendaraan seperti halnya mobil. Rem ABS ini berguna untuk memberikan keselamatan penuh bagi pengendara maupun penumpang.

BACA JUGA:Apa Itu Rem ABS? Ini Penjelasan dan Cara Perawatannya

Rem ABS ini diklaim dapat menghindari terjadinya kecelakaan dimana ketika terjadi pengereman secara mendadak maka rem ABS ini akan otomatis menjaga ban agar tidak terjadi penguncian secara otomatis maka dari itu pengendara dapat dengan mudah melakukan pengereman secara mendadak.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa belum semua tipe mobil memiliki sistem ABS khususnya pada mobil dengan tipe lama. Hal tersebut tentunya akan sangat membahayakan para pengemudi karena mereka akan kehilangan kontrol pengereman dan mengakibatkan banyak kecelakaan terjadi.

Fungsi Rem ABS

Rem ABS merupakan salah satu komponen keselamatan yang penting ada pada setiap mobil. Seperti yang telah dijelaskan diatas, dengan definisinya tersebut dapat Anda ketahui bahwa fungsi rem ABS yaitu untuk mencegah ban mobil terkunci ketika dilakukan pengereman secara mendadak. Rem ABS juga berfungsi menjaga traksi atau daya cengkram ban mobil sehingga mobil dapat tetap dikendalikan.

Cara Kerja Rem ABS

Karena fungsinya yang cukup penting bagi keselamatan para pengendara membuat pabrik atau pembuat mobil mulai memasang sistem ABS pada setiap mobil yang dibuat. Mobil yang terpasang rem ABS akan memiliki komponen yang lebih kompleks dibandingkan dengan mobil tanpa sistem ABS.

BACA JUGA:Hindari Kebiasaan Ini, Jika Tidak Ingin Kampas Rem Cepat Habis

Pada sistem ABS, para perusahaan mobil melengkapi sistem tersebut dengan beberapa komponen yang saling berkaitan sehingga dapat bekerja dengan semestinya. Komponen rem ABS sendiri terdiri dari beberapa macam seperti sensor, hydraulic unit, serta breaker booster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: