Bukan Pabrikan Jepang, Ternyata Inilah Motor Pertama Pakai Rem ABS di Dunia

Bukan Pabrikan Jepang, Ternyata Inilah Motor Pertama Pakai Rem ABS di Dunia

Pada tahun 1958, Maxaret Anti-lock buatan Dunlop dipasang oleh UK Road Research Laboratory pada Royal Enfield Meteor 700 untuk pengujian.-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Teknologi pengereman pada kendaraan bermotor paling canggih saat ini masih menggunakan rem ABS.

Fitur pengereman menggunakan Teknologi rem ABS (Anti-locking Brake System) ini menjadi primadona yang disematkan oleh pabrikan motor asal Negeri Jepang.

Hal ini diyakini menjadi standar untuk bagian pengereman yang diklaim lebih aman.

Di zaman sekarang sudah banyak motor dengan teknologi rem ABS.

Namun tak semuanya dilengkapi rem ABS, khususnya untuk kategori motor murah di bawah Rp 20 jutaan misalkan.

BACA JUGA:Honda Vario 160 Lawan Varian Tertinggi Yamaha Lexi 155, Siapa Yang Menang?

Tahukah kamu? Ternyata bukan pabrikan Jepang seperti Honda, Yamaha, atau Suzuki yang pertama kali menggunakan teknologi ABS dalam produknya di dunia.

Mengutip dari berbagai sumber, motor sport BMW K100 1988 jadi motor massal pertama di dunia yang memakai rem ABS.

BMW meluncurkan motor pertama yang dilengkapi dengan ABS elektronik pada tahun 1988 dengan produk BMW K100.

Yamaha memperkenalkan model FJ1200 dengan ABS opsional pada tahun 1991.

BACA JUGA:Diklaim Sebagai Varian Mobil Mewah, Ternyata Ini 5 Kekurangan Innova Venturer

Honda pun ikutan pada tahun 1992 dengan merilis sepeda motor rem ABS pertamanya di Honda ST1100 Pan European.

Pada tahun 2007, Suzuki meluncurkan Suzuki GSF1200SA (Bandit) dengan rem ABS.

Kemudian pada tahun 2005, Harley-Davidson juga mulai menawarkan opsi rem ABS pada seri motor polisi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: