Siapa Pemilik Motor Pertama di Indonesia dan Pabrikan Mana? Begini Kisahnya

Siapa Pemilik Motor Pertama di Indonesia dan Pabrikan Mana? Begini Kisahnya

Inilah motor pertama yang tiba di Indonesia yang dimiliki orang Inggris-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sejarah motor pertama di Indonesia, tentu sangat menarik, bagi masyarakat Tanah Air yang akrab dengan kendaraan roda dua ini.

Pada masa lampau khususnya era kolonial Belanda, sepeda motor tentu saja kondisinya tidak semudah dan variatif seperti sekarang. Belum lagi infrastruktur penunjang yang tentu saja belum dibangun.

Sepeda motor sudah menjadi salah satu alat transportasi utama bagi masyarakat Indonesia. Dengan kondisi di Indonesia, sepeda motor menjadi pilihan yang efisien bagi banyak orang.

BACA JUGA:Biasa Mematikan Motor dengan Standar Samping, Ini Risikonya

Secara umum di dunia, sepeda motor mulai populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Sepeda motor pertama di Indonesia bisa disebut sebagai revolusi transportasi. Dimana konsep motor masih dapat terus dinikmati oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Dilansir dari berbagai sumber, motor pertama di Indonesia merupakan buatan Hildebrand & Wolfmüller, yang dimiliki oleh seorang berkebangsaan Inggris yang bernama John C. Potter. Dia adalah masinis pertama di Pabrik Gula Oemboel, Probolinggo.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan, Ini Cara Mengerem Motor Matic yang Benar

Hildebrand & Wolfmüller sejatinya adalah kendaraan bermotor pertama yang diproduksi di dunia oleh Henry dan Wilhelm Hildebrand bersaudara di kota Munchen, Jerman.

Diketahui John memesan motor dari pabrik di Munchen, Jerman. Namun produknya membutuhkan waktu setahun kemudian hingga sampai di Pelabuhan Semarang pada 1893.

Kendaraan motor pada masa tersebut sangat kuno karena memiliki kapasitas mesin yang besar yaitu 1.489 cc. Namun motor ini memiliki kekuatan hanya 2,5 daya kuda dan kecepatan maksimalnya baru sebatas 45 km/jam. Tentu ini sangat berbeda jauh dari kondisi seperti sekarang.

BACA JUGA:Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor, Beda Jenis Motor Beda Juga Tekanannya

Kondisi sepeda motor tersebut hanya mengandalkan rangka dan mesin. Tanpa ada rantai, gear box, bahkan sistem kelistrikan. Dalam menggerakkan roda motor ini menggunakan batang piston.

Lebih lanjut lagi motor ini wajib dipanaskan sebelum digunakan dengan cara yang tidak terbayangkan. Yaitu dengan cairan spiritus. Lalu mesinnya diaktifkan dengan cara didorong. Secara bentuknya juga masih mengikuti desain sepeda onthel.

Berkat motor pertama di masa kolonial tersebut membuat beberapa orang kaya di Indonesia dari kalangan Eropa atau pejabat tinggi pribumi lainnya pun mulai ikut mengimpor sepeda motor dari Eropa, terutama dari Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: