Utamakan Keamanan, Ini 7 Tips Berkendara Di Dekat Truk

Utamakan Keamanan, Ini 7 Tips Berkendara Di Dekat Truk

Ilustrasi mobil truk-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berkendara di dekat kendaraan besar memang seringkali membuat seseorang menjadi takut dan ragu. 

Apalagi, melihat mobil besar dengan kecepatan maksimal. Usahakan untuk tetap berkendara secara hati-hati dan konsentrasi, apabila sedang berkendara di dekat kendaraan besar.

Bagaikan tantangan tersendiri bagi pengendara, pastikan untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas untuk menghindari kecelakaan dan menjaga keselamatan. Untuk itu, mari ketahui 7 tips berkendara di dekat truk berikut ini :

BACA JUGA:Hindari Kecelakaan, Ini Tips Aman Saat Membuka Pintu Mobil

1. Jaga Jarak

Mobil besar yang diikuti terlalu dekat, berisiko mengalami kecelakaan. Pastikan untuk membatasi jarak sekitar tiga hingga empat meter dari kendaraan agar tetap terlihat oleh pengemudi dan mengantisipasi apabila truk melakukan pengereman secara mendadak.

Situasi darurat terjadi kapan pun dan di manapun, apalagi saat dalam kondisi dan cuaca buruk. Sehingga menjaga jarak adalah solusi terbaik untuk menghindari kecelakaan akibat berhenti atau melakukan pengereman secara tiba-tiba.

2. Hindari Blind Spot

Kendaraan besar seperti truk memiliki titik buta, terutama di sebelah kanan dan belakangnya. Sebab, saat pengemudi berada di daerah blind spot truk, maka pengemudi tidak dapat melihat kendaraan lewat cermin di sampingnya.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil

Usahakan untuk tidak mengemudi di daerah blind spot terlalu lama dengan memberikan tanda lewat lampu sein dan bergerak cepat selagi kendaraan di depan truk sudah kosong.

3. Jangan Melintasi Truk di Jalan Menurun

Jalan yang menurun membuat mobil besar membutuhkan jarak pengeraman untuk dapat berhenti sepenuhnya. Sebab itu, hindari truk melewati jalan menurun, dengan mencoba melewati kendaraan tersebut apabila telah berada di jalur datar.

Tips ini sangat ampuh untuk menghindari pengereman yang tidak efektif. Usahakan untuk mengenali rambu izin saat menyalip, yang berbentuk garis putus-putus artinya boleh menyalip atau garis lurus di tengah jalan yang berarti tidak boleh menyalip. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: