Utamakan Keamanan, Ini 7 Tips Berkendara Di Dekat Truk

Utamakan Keamanan, Ini 7 Tips Berkendara Di Dekat Truk

Ilustrasi mobil truk-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

4. Beri Ruang Saat Truk Berbelok

Kendaraan besar yang berbelok, terutama ke arah kanan membutuhkan lebih banyak ruang daripada kendaraan kecil. Apabila mencoba melewati truk, usahakan saat mobil tersebut tidak sedang berbelok ke arah kanan.

BACA JUGA:Tips Berkendara Agar Tidak Mengantuk, Boleh Minum Kafein Asalkan

Manuver truk juga perlu diperhatikan, apabila akan berbelok dan berputar. Jangan pernah mencoba menyalip atau memotong jalurnya karena sangat berbahaya. Cukup dengan menunggu lebih lama agar truk selesai manuver dan kembali berjalan lurus.

5. Kenali Keterbatasan Truk

Mobil besar memiliki keterbatasan dalam segi akselerasi, pengereman, dan penanjakan. Sehingga seringkali lebih lambat saat menanjak dan lebih cepat saat menurun.

Selain itu, truk juga membutuhkan waktu lebih lama saat berhenti. Pastikan untuk tidak berharap agar truk dapat berjalan cepat dan fleksibel seperti kendaraan lainnya. Sesuaikan jarak dan kecepatan agar tidak menabrak dan ditabrak.

6. Berikan Tanda Saat Akan Menyalip

Pastikan untuk berada dalam jarak aman untuk menghindari kecelakaan. Hindari menyalip kendaraan dari sisi kanan karena itu adalah titik blind spot paling berbahaya yang sulit terdeteksi.

Kemudian, sebelum menyalip cobalah saat jalur tujuan kosong dan aman dengan memberi isyarat klakson atau lampu dim. Tips ini sangat baik agar pengemudi truk mengetahui ada pengendara lain yang akan menyalipnya.

7. Perhatikan Kondisi Jalan

Sebelum menyalip kendaraan besar, pastikan untuk tidak mendahului dalam daerah yang berbelok, berlubang, hingga tergenang air yang dalam. Kondisi jalan berperan penting agar keseimbangan tetap terjaga saat mulai menyalip.

Selain itu, pastikan tetap stabil dan berada dalam kondisi jalan baik demi menghindari insiden tidak diinginkan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: