Sejarah Awal Konflik Israel dan Palestina yang Sudah Berlangsung Puluhan Tahun Sampai Sekarang

Sejarah Awal Konflik Israel dan Palestina yang Sudah Berlangsung Puluhan Tahun Sampai Sekarang

Sejarah perang Israel - Palestina-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Konflik antara pejuang Palestina, Hamas dan Israel saat ini kian memanas sampai menewaskan lebih dari 1.000 korban. 

Konflik kedua negara ini pecah kembali pada Sabtu (7/10/2023) setelah pasukan Hamas menyerang wilayah Selatan Yahudi.

Pasukan Hamas dan Israel pun kini saling menyerang. Berdasarkan laporan Pasukan Pertahanan Israel pada Minggu(8/10/2023), telah ada sekitar 26 tentara Israel yang tewas.

BACA JUGA:Panik, Warga Palestina Tinggalkan Gaza Utara, Invasi Dimulai Israel

Sebelum konflik Israel dan Hamas kembali memanas saat ini, negara Israel dan Palestina pada tahun 2021 silam pun sempat menjadi sorotan warga dunia termasuk Indonesia. Konflik dua negara ini sendiri merupakan perseteruan panjang.

Bagaimana sebenarnya Israel dan Palestina bisa terus berseteru hingga saat ini? Melansir detiknews, berikut sejarah konflik kedua negara tersebut. Simak! 

SEJARAH KONFLIK ISRAEL DAN PALESTINA

Konflik antara Israel dan Palestina yang belum berkesudahan ini memiliki berbagai pemicu yakni sebagai berikut:

1. Pendirian 'Rumah Nasional' Yahudi

Konflik kedua negara ini bermula saat Inggris mendirikan 'rumah nasional' bagi minoritas Yahudi yang ada di Palestina. Pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmaniyyah tersebut, Inggris mengambil alih wilayah Palestina.

BACA JUGA:Memanas, Konflik Hamas vs Israel Berpotensi Perang Dunia Ketiga, Ini Dampak Globalnya

Keyakinan Inggris soal pengambilan wilayah diperkuat oleh mandat dari Liga Bangsa-Bangsa. Sejak saat itulah ratusan ribu warga Yahudi berpindah tempat tinggal ke wilayah tersebut.

Para pemimpin Yahudi menyambut baik hasil keputusan dari PBB tentang pembagian wilayah Palestina menjadi dua yakni bagi warga Arab Palestina dan Yahudi. Namun, warga Arab Yahudi tak menerima hal tersebut sehingga dari sana mulai muncul konflik.

2. Didirikannya Negara Israel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: