Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor, Beda Jenis Motor Beda Juga Tekanannya

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor, Beda Jenis Motor   Beda Juga Tekanannya

Ilustrasi mengukur tekanan angin ban-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Perlu diingat bahwa masing-masing jenis motor memiliki ukuran tekanan ban yang berbeda. Maka itu supaya lebih pasti, ada baiknya untuk mencari tahu ukuran tekanan angin yang paling sesuai dari ban sepeda motor milik Anda tersebut dengan memeriksanya langsung di buku manual.

BACA JUGA:Pengapian Motor Tidak Menyala? Coba Lakukan Ini

Akibat Jika Tekanan Angin pada Ban Tidak Sesuai

Tekanan udara pada ban motor sebaiknya harus sesuai, dalam artian ukurannya harus pas alias tidak kekurangan maupun kelebihan tekanannya. Sebab apabila ukuran tekanan angin ban tidak sesuai, hal ini bisa memicu timbulnya beberapa masalah.

Setelah mengetahui konsep dan daftar ukuran dari tekanan angin ban berdasarkan jenis motornya, pada poin ini, akan dibahas mengenai dampak atau akibat ketika sebuah motor tidak memiliki tekanan angin ban yang sesuai.

BACA JUGA:Lindungi Motor dari Curanmor, Coba Lakukan Tips Ini

Masalah-masalah yang bisa timbul antara lain, yaitu sebagai berikut:

1. Ban Menjadi Lebih Cepat Aus

Salah satu akibat yang disebabkan dari tekanan angin ban motor tidak sesuai, yaitu ban menjadi lebih cepat aus.

Artinya, dengan ukuran tekanan angin yang tidak sesuai, hal ini berdampak pada bagian-bagian ban yang membuat umur pakai ban jadi semakin berkurang.

2. Risiko Kecelakaan Meningkat

Apabila tekanan angin pada ban motor terlalu kencang atau terlalu kempes hal ini bisa mengakibatkan risiko kecelakaan menjadi meningkat.

Hal ini bisa terjadi karena apabila tekanan ban tidak sesuai, kontrol dan keseimbangan pada sepeda motor berisiko mengalami gangguan.

3. Cengkraman Ban Pada Jalan Jadi Berkurang

Tidak hanya itu, tekanan ban yang terlalu rendah apalagi tinggi juga berdampak pada daya cengkram ban menjadi berkurang. Hal ini juga berpengaruh pada penarikan (traksi) dan stabilitas (keseimbangan) dari sepeda motor ketika digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: