Agar Terhindar dari Risiko Buruk Paylater, Ikuti Tips Berikut Ini

Agar Terhindar dari Risiko Buruk Paylater, Ikuti Tips Berikut Ini

-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Bukan hanya harus mengingat tanggal pembayaran tagihan dari masing-masing akun paylater, Anda juga akan mendapatkan limit kredit yang jauh melampaui kemampuan bayar. Singkatnya, kalau sampai kalap, beban cicilan dari setiap akun paylater tersebut sangat berisiko membuat keuangan Anda terpuruk.

BACA JUGA:Pengguna Paylater Jangan Sekali-kali Abaikan Pelunasan, Ini Risiko yang Bakal Ditimbulkan

4. Hindari Lakukan Tarik Tunai

Paylater memang memiliki fasilitas tarik tunai selayaknya kartu debit. Namun, demi kondisi keuangan yang lebih stabil, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan fasilitas tersebut. Sebab, penarikan uang melalui paylater dikenakan biaya serta bunga yang terbilang selangit, sekitar 6-10% setiap kali penarikan.

Bahkan, di sejumlah layanan, melakukan tarik tunai via paylater dianggap sebagai sebuah tindakan fraud. Jadi, agar tak terjerumus ke hal yang merugikan, jangan lakukan tarik tunai menggunakan paylater.

5. Sebisa Mungkin Lunasi Cicilan dengan Segera

Hal lainnya yang tidak seharusnya dilakukan saat menggunakan paylater adalah membayar cicilan sebatas melunasi minimum paymentnya saja. Terkesan meringankan memang, karena hanya membayar cicilan sejumlah 10% dari total tagihannya.

Namun, hal ini mampu membuat tagihan cicilan tanpa kartu kredit atau paylater Anda menumpuk dan membuat beban bunganya menjadi semakin berat. Jika dibiarkan berlangsung selama berbulan-bulan, Anda akan terjebak pada beban cicilan yang sulit untuk dilunasi. Oleh karena itu, asal dananya mencukupi, sebisa mungkin lunasi cicilan paylater dengan segera.

6. Gunakan Paylater Tanpa Melebihi Limit

Tips lainnya adalah tak menggunakannya melebihi limit yang telah ditentukan. Limit kredit paylater sebenarnya bertujuan untuk mengontrol pengeluaran dan mencegah Anda untuk memiliki beban cicilan melebihi kemampuan keuangan. Transaksi belanja pun otomatis ditolak saat sudah over limit.

Namun, over limit tetap mungkin terjadi saat Anda berbelanja hingga mendekati limit kredit paylater dan membayar tagihan dalam jumlah minimum. Maka, bunga yang dibebankan membuat saldo tagihan semakin melonjak.

Saat over limit terjadi, penyedia paylater akan membebankan biaya mencapai 5% dari jumlah kredit yang melewati batas.

7. Tetap Kontrol Pengeluaran Via Paylater

Tips terpenting agar tetap mendapatkan manfaat paylater secara optimal adalah dengan menggunakannya secara bijak dan seperlunya saja. Anda perlu rutin mengontrol berapa besar pengeluaran dari pemakaian paylater. Cek pula jumlah cicilan yang harus dilunasi di bulan berikutnya dan pastikan masih terjangkau.

Sebagai acuan, batasi pemakaian paylater kurang dari 70% dari limit kreditnya, serta pastikan cicilannya tak memangkas lebih dari 30% penghasilan bulanan Anda. Dengan begitu, kondisi keuangan akan tetap stabil dan tak akan dikacaukan oleh pemakaian paylater yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: