Menikmati Hangatnya Sirup Pokak, Minuman Herbal Khas Kota Probolinggo

Menikmati Hangatnya Sirup Pokak, Minuman Herbal Khas Kota Probolinggo

Sirup Pokak merupakan minuman yang kaya akan rempah-rempah. Bagaimana tidak, komposisi yang digunakan dalam pembuatan Sirup Pokak biasanya terdiri dari sari tebu, jahe, pandan wangi, kayu manis, sereh, jeruk purut, dan cengkeh.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Setiap daerah umumnya memiliki kuliner khasnya masing-masing. kuliner baik berupa makanan maupun minuman merupakan bagian dari industri pariwisata. Tentu, kuliner memiliki nilai jual yang tinggi ketika dikembangkan dari unsur kekhasan daerah tertentu.

Sirup Pokak menjadi salah kuliner khas Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Probolinggo sangat akrab dengan minuman herbal ini.

BACA JUGA: Biar Tau! Begini Tata Cara Sholat di Atas Kendaraan Umum

Sirup Pokak merupakan minuman yang kaya akan rempah-rempah. Bagaimana tidak, komposisi yang digunakan dalam pembuatan Sirup Pokak biasanya terdiri dari sari tebu, jahe, pandan wangi, kayu manis, sereh, jeruk purut, dan cengkeh.

Untuk membuatnya, seluruh bahan-bahan di atas dicuci bersih terlebih dahulu lalu kemudian dihancurkan atau dipotong kecil-kecil. Selanjutnya, rempah-rempah tersebut dimasak dalam panci sembari ditambahkan air secukupnya. Tak lupa, gula jawa maupun sari tebu juga ikut ditambahkan sambil diaduk hingga rata. 

BACA JUGA:Bisa Dapat Subsidi Motor Listrik Hanya Modal KTP? Begini Caranya

Untuk membuat Sirup Pokak matang, tidak memerlukan waktu yang lama, hanya sekitar 30 menit saja. Setelahnya, minuman sehat itu pun dapat diangkat dan dituangkan ke kemasan yang telah disediakan ataupun langsung diseduh dengan air hangat.

Cita rasa dari Sirup Pokak juga sangat unik. Bukannya pahit seperti jamu, Sirup Pokak justru cenderung memberikan nuansa manis , sedap, dan pastinya hangat. Oleh karena itu, sirup pokak sangat cocok diminum untuk menghangatkan badan.

 BACA JUGA:Ini Dia Mitos Larangan Pernikahan dalam Adat Jawa! 

Komposisi bahan-bahan herbalnya tak perlu diragukan lagi pasti memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahantubuh, mengobati masuk angin, meredakan batuk, hingga menurunkan tingkat kolesterol.

Di Probolinggo sendiri, masyarakat biasanya membuatnya sendiri di rumah. Namun, minuman tradisional ini telah diproduksi dalam bentuk sirup. Sirup yang juga telah mendapatkan banyak penghargaan ini cukup mudah ditemukan pada tempat wisata atau pusat oleh-oleh di Probolinggo. Tak heran, Sirup Pokak juga didaulat menjadi salah satu oleh-oleh khas Probolinggo. Sirup pokak tersedia dalam beberapa kemasan, yakni 330,600, dan 620 mililiter dengan harga Rp10.000,00 hingga Rp30.000,00 saja.

BACA JUGA:Pinjam Uang di Akulaku Langsung Cair ke Rekening, Tanpa Syarat Rumit! Ini Caranya

Harganya yang sangat terjangkau dan manfaatnya yang tak bisa dianggap sepele membuat Sirup Pokak khas Probolinggo berhak mendapatkan julukan sebagai minuman yang underrated.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: