Resah Tiap Kali Melihat Notifikasi? Tanda Kamu Alami WhatsApp Anxiety

Resah Tiap Kali Melihat Notifikasi? Tanda Kamu Alami WhatsApp Anxiety

kamu tetap bisa membuka pesan begitu kamu membuka aplikasi, tapi tidak akan terus-menerus tergoda untuk memeriksa pesan karena notifikasi.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - WhatsApp menjadi aplikasi yang tidak bisa dihindarkan dalam pekerjaan. Biasanya komunikasi pekerjaan lebih banyak dilakukan melalui WhatsApp. Namun pernahkah kamu merasa resah setiap kali melihat notifikasi pesan WhatsApp dari grup kantor? Bisa jadi kamu mengalami WhatsApp anxiety.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya tanpa harus merasa terbebani. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

BACA JUGA:Ini Dia Mukjizat Jimat Angka 8 Bawa Keberuntungan

1. Non-aktifkan Notifikasi WhatsApp

Bunyi notifikasi yang terus menerus dan lonjakan pesan masuk bisa meningkatkan rasa cemas. Kamu bisa menonaktifkan notifikasi WhatsApp sementara saat bekerja dari tempat lain. Dengan begitu, kamu tidak akan terganggu oleh notifikasi yang muncul setiap kali ada pesan masuk. Hal ini dapat membantumu fokus pada pekerjaan dan mengurangi perasaan tertekan untuk membalas pesan secepatnya.

BACA JUGA:Ini Dia Keistimewaan Kelahiran Weton Jumat Pon

2. Matikan Tanda Centang Biru

Tak jarang rasa cemas muncul karena tekanan untuk segera membalas pesan setelah terlihat centang biru di pesanmu. Dengan mematikan tampilan centang biru, kamu dapat merasa lebih bebas dan tidak perlu merasa bersalah jika tidak langsung merespons. Ini memberimu waktu untuk menjawab dengan tenang tanpa terburu-buru.

BACA JUGA:Ternyata Uang Haram Bisa Jadi Halal, Begini Caranya Kata Gus Baha

3. Batasi Background Data dan Izin Aplikasi

Kamu bisa membatasi akses WhatsApp ke data latar belakang dan mencabut izin aplikasinya. Ini artinya kamu tetap bisa membuka pesan begitu kamu membuka aplikasi, tapi tidak akan terus-menerus tergoda untuk memeriksa pesan karena notifikasi. Langkah ini membantu kamu mengontrol frekuensi penggunaan WhatsApp.

BACA JUGA:Hobi Menabung Sejak Usia Dini? Ini Dia Manfaat Luar Biasanya

4. Hindari Cek WhatsApp Berlebihan

Detoksifikasi digital menjadi solusi lain untuk mengatasi WhatsApp anxiety. Martin Talks, seorang konsultan detoksifikasi digital, merekomendasikan agar kamu hanya membuka grup WhatsApp sekali sehari. Jangan biarkan memeriksa pesan menjadi aktivitas pertama saat bangun tidur atau terakhir sebelum tidur. Ini membantu menjaga keseimbangan antara waktu kerja dan istirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: