Begini Ciri-ciri Seseorang Mengalami Puber Kedua

 Begini Ciri-ciri Seseorang Mengalami Puber Kedua

Banyak di antara pria dan wanita paruh baya yang menunjukkan perubahan perilaku dan penampilan selayaknya anak muda zaman sekarang.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Puber kedua merupakan suatu istilah untuk menggambarkan perubahan perilaku atau sifat dari pria dan wanita paruh baya yang kembali seperti remaja. Istilah Puber kedua ini memang tidak ada dalam dunia medis. Akan tetapi memiliki kaitan erat dengan kondisi psikologis yang disebut midlife crisis yang terjadi pada usia 40 hingga 50 tahun.

BACA JUGA:Selain Aromaterapi, Ini 5 Manfaat Bunga Kenanga bagi Kesehatan

Secara umum, midlife crisis dipicu oleh rasa takut menjadi tua, atau sulit menerima fakta bahwa mereka telah melewati masa produktifnya, atau merasa kembali muda. Jika seseorang bisa mengendalikannya, midlife crisis dapat memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan. Misalnya dengan mengeksplorasi minat dan hobi baru atau membentuk hubungan sosial yang lebih bermakna. 

Sayangnya, beberapa orang justru terjebak dalam kondisi ini. Berdasarkan penelitian ilmiah dari Research Ideas and Outcomes (2021)  menyebutkan bahwa midlife crisis berpotensi menimbulkan gangguan mental akibat stres, depresi, dan kecemasan karena merasa tidak puas dengan kehidupannya. Pada kasus yang lebih parah, midlife crisis juga bisa menurunkan kesejahteraan seseorang hingga meningkatkan peluang untuk mengakhiri hidup. Lantas, apa saja ciri-ciri orang yang mengalami puber kedua ini? Berikut empat di antaranya.

BACA JUGA: Ini Dia Jenis Burung Murai Batu Paling Banyak Diminati Pecinta Kicau Mania

1. Merasa Minder dan Tidak Puas

Pada pria, perasaan minder akan muncul karena merasa tak sekuat atau sesukses masa mudanya. Mereka sering membandingkan dirinya dengan orang yang lebih muda, dan selalu merasa tertinggal.

Sedangkan pada wanita, akan merasa tidak puas dengan semua pencapaian yang telah diraihnya selama ini. Sehingga mereka berusaha untuk kembali menunjukkan potensi terbaiknya, meski diumur yang sudah tidak muda lagi.

BACA JUGA:Kejatuhan Laba Laba Pertanda, Bisa Jadi Kamu Bakal Ketiban Rezeki

2. Perubahan Perilaku dan Penampilan

Banyak di antara pria dan wanita paruh baya yang menunjukkan perubahan perilaku dan penampilan selayaknya anak muda zaman sekarang. Misalnya dengan mengecat rambut untuk menutupi uban, memakai riasan, atau bahkan melakukan operasi plastik. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan rasa percaya diri yang perlahan menghilang.

3. Hubungan yang Renggang Antara Keluarga

Kondisi ini lebih banyak terjadi pada wanita yang sedang mengalami puber kedua. Mereka tidak lagi memberikan perhatian penuh kepada suami dan anak-anaknya, karena merasa tidak mendapatkan dukungan yang dibutuhkan. 

BACA JUGA:Biar Tau! Ini Daftar Angka Keberuntungan dan Sial di Berbagai Negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: