HUT RI ke-78, Baju Adat Bengkulu Menang Jadi Baju Adat Terbaik Kedua

HUT RI ke-78, Baju Adat Bengkulu Menang Jadi  Baju Adat Terbaik Kedua

Gretii saat kenakan pakaian adat Bengkulu di istana negara, Jakarta-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada yang menarik dalam upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke -78 tahun 2023 yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Dimana seluruh para tamu undangan mengenakan baju adat ataupun baju khas daerahnya masing-masing.

Tak hanya dikenakan saja, tetapi pakaian  para tamu undangan ini pun di nilai oleh pihak penyelenggara untuk dipilih menjadi pemenang dalam kategori pakaian adat terbaik.

Disampaikan Presiden RI Joko Widodo, pakaian adat yang dikenakan oleh para tamu undangan yang hadir dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini sebagai simbol dari keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia.

Menurutnya, apabila keberagaman yang ada saat ini di satukan, maka akan membuat suatu kekuatan yang besar. Tentunya hal itu sangat berdampak bagi bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Kabar Duka, Anggota DPRD Rejang Lebong dari Perindo Tutup Usia

"Kita lihat di Istana ini keberagaman dipadukan dengan bermacam-macam baju adat yang kita pakai. Maka ini saya kira apabila dipersatukan, keberagaman ini akan menjadi kekuatan besar bagi bangsa Indonesia," kata Jokowi,  di Istana Negara.

Lanjutnya, tamu undangan yang hadir dengan menggunakan baju adat dan menang sebagai baju adat terbaik akan diberikan hadiah berupa 1 unit sepeda.

Tak tanggung-tanggung, pemenang baju adat terbaik itupun diberikan pada 5 tamu undangan.

Diantaranya, baju adat terbaik satu yaitu diberikan pada Raja Amarasi, dengan  baju adat NTT. Lalu ada  Grety, dengan baju adat Bengkulu

BACA JUGA:10 ASN di Bengkulu Diganjar Penghargaan, 1 Diantaranya dari Menteri LHK RI, Berikut Namanya

Kemudian Kohar, dengan baju adat khas Banyuwangi, dan Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo yakni Kaesang Pangarep, juga mendapatkan hadiah satu unit sepeda berkat baju adat Minahasa, Sultra yang ia kenakan.

Terakhir, pemenang baju adat terbaik juga diberikan pada Menkeu Sri Mulyani, dengan baju adat Soe, asal Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.

Diketahui, untuk Presiden RI Joko Widodo sendiri mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: