Patuhi Lalu Lintas! Polda Bengkulu Sudah Pasang 8 Titik Kamera ETLE di Ruas Jalan Kota Bengkulu

Patuhi Lalu Lintas! Polda Bengkulu Sudah Pasang 8 Titik Kamera ETLE di Ruas Jalan Kota Bengkulu

Kamera ETLE terpasang di ruas jalan Ratu Samban Kota Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perluasan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah ruas jalan di Kota Bengkulu dilakukan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu.

Saat ini, total ETLE Statis yang sudah terpasang berjumlah 8 unit dari sebelumnya hanya 5 unit.

Penambahan 3 ETLE Statis ini dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu di Simpang 4 Pantai Panjang, Simpang 4 SLB dan Simpang 4 Pagar Dewa.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu Kombes Pol Joko Suprayitno mengatakan, penambahan kamera ETLE Statis ini dilakukan untuk mengurangi sentuhan antara petugas dan pelanggar lalu lintas.

Oleh sebab itulah, pihaknya memperluas unit kamera ETLE Statis terpasang disejumlah titik jalan di Kota Bengkulu.

"Interaksi antara petugas dengan pelanggar lalu lintas semakin hari semakin kita kurangi. Selain itu, penggunaan ETLE Statis ini juga sebagai upaya untuk menyamakan Indonesia dengan negara lain yang kian hari meningkatkan penggunaan jejaring elektronik," ujar Kombes Pol Joko Suprayitno, Rabu (16/8/2023).

BACA JUGA:Penambahan ETLE Statis Diperluas, Tiap Kabupaten di Bengkulu Bakal Pasang 3 Kamera ETLE

Selain kamera ETLE, Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu juga telah memasang kamera untuk memantau arus lalu lintas (monitoring) dan memantau masuknya kendaraan ke Kota Bengkulu (analitic counting).

Kamera monitoring tersebut telah terpasang di kawasan Pantai Panjang,  Simpang Nakau, Simpang Kandang Limun  dan Simpang Kandang.

Lebih lanjut, kamera monitoring juga terpasang di Simpang DPRD Provinsi Bengkulu, Simpang Air Sebakul, serta Simpang Bumi Ayu.

Sementara itu, untuk kamera analitic counting terpasang di Simpang Betungan dan kawasan eks terminal Sungai Hitam. 

BACA JUGA:Kamera ETLE Ditambah, Ini 10 Titik yang Akan Dipasang ETLE di Kota Bengkulu

Sedangkan satu titik analitic traffic light berada di Simpang 3 Brimob Kelurahan Surabaya. Analitic traffic light ini berfungsi menindak pengendara yang penerobos lampu merah. Kemudian ada pula, 7 kamera monitoring dan 2 kamera analitic counting yang sudah terpasang. 

"Kami berharap dengan adanya penambahan kamera ini masyarakat di Kota Bengkulu dapat meningkatkan kepatuhan mentaati lalu lintas. Jangan beranggapan polisi mencari kesalahan, tapi kami ingin mengeliminasi pelangaran untuk mencegah kecelakaan dan meningkatkan ketertiban lalu lintas,” pungkas  Kombes Pol Joko. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: